KAI Terapkan Sistem War Tiket Kereta Lebaran, Ini Caranya agar Tak Keluar Waiting Room

KAI Terapkan Sistem War Tiket Kereta Lebaran, Ini Caranya agar Tak Keluar Waiting Room

Ekonomi | inews | Sabtu, 24 Februari 2024 - 19:12
share

JAKARTA, iNews.id - PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI menyampaikan akan terus melakukan inovasi terbaru untuk meningkatkan pelayanan kepada penumpang. Salah satunya dengan menerapkan sistem antrean atau war tiket saat pembelian tiket kereta api (KA) jarak jauh, khususnya untuk Lebaran 2024 mendatang.

VP Public Relations KAI Joni Martinus menjelaskan, fitur sistem antrean atau waiting room merupakan sistem antrean online yang diterapkan oleh KAI pada aplikasi Access by KAI dan website booking.kai.id pada saat pemesanan tiket. Hal ini diterapkan KAI untuk mengatur aliran pemesanan tiket secara lebih terorganisir, terutama pada saat trafik pemesanan tinggi.

"Fitur ini membantu memastikan bahwa website dan aplikasi tetap stabil dan pengguna dapat memesan tiket dengan lebih adil dan teratur," ujar Joni dalam keterangan tertulisnya, dikutip Sabtu (23/2/2024).

Joni menjelaskan, bagi masyarakat yang mengakses aplikasi Access by KAI atau website booking kai.id untuk pemesanan tiket kereta pada periode sibuk, maka pengguna tersebut akan dimasukkan ke dalam waiting room .

"Secara sistem di belakang Anda akan mendapatkan nomor antrean, dan harus menunggu giliran Anda untuk bisa mengakses sistem pemesanan tiket. Waktu tunggu bisa bervariasi tergantung pada jumlah pengguna yang sedang online ," tuturnya.

Kemudian, jika pengguna tersebut keluar dari waiting room sebelum gilirannya, maka orang itu akan kehilangan posisi antreannya, dan harus memulai dari awal jika ingin kembali masuk antrean.

Jika Anda keluar dari Waiting Room sebelum giliran Anda, Anda akan kehilangan posisi antrean Anda, dan harus memulai dari awal jika ingin kembali masuk antrean. Oleh karena itu, disarankan untuk tetap dalam Waiting Room hingga giliran Anda tiba," ucapnya.

Setelah masuk ke tampilan jadwal yang dicari, pengguna akan diberikan waktu selama 5 menit untuk memilih jadwal atau menggeser tab tanggal ke tanggal sebelumnya, atau tanggal berikutnya.

Namun, jika dalam waktu 5 menit tidak memilih jadwal kereta atau idle di halaman pemilihan jadwal kereta, pengguna itu akan diarahkan kembali ke dalam waiting room .

Joni menuturkan, sistem antrean penjualan tiket KA melalui aplikasi Access by KAI dan Web KAI.id tersebut sudah mulai diberlakukan sejak tanggal 1 Februari 2024.

KAI berkomitmen untuk terus meningkatkan layanan kepada pelanggan dengan memanfaatkan teknologi terkini dan menjaga tingkat keamanan data serta informasi," katanya.

Topik Menarik