Kementerian PANRB Sediakan 200.000 Formasi CASN Fresh Graduate Berkantor di IKN Tahun Ini

Kementerian PANRB Sediakan 200.000 Formasi CASN Fresh Graduate Berkantor di IKN Tahun Ini

Ekonomi | inews | Sabtu, 24 Februari 2024 - 18:06
share

JAKARTA, iNews.id - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas menyampaikan, saat ini pemerintah tengah menyiapkan rekrutmen Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) instansi pusat khusus penempatan di Ibu Kota Nusantara (IKN). Rencananya, sebanyak 200.000 formasi ini diperuntukan untuk lulusan baru atau fresh graduate pada 2024.

"Pada saat yang sama Pemerintah tengah menyiapkan rekrutmen fresh graduate untuk calon ASN di IKN, ada 200.000 lebih yang kita siapkan formasi tahun ini, untuk (instansi) pusat yang direkrut untuk pindah ke IKN," ujar Anas saat ditemui di Universitas Indonesia, Depok, Sabtu (24/2/2024).

Menurutnya, pengadaan CASN ini bertujuan untuk melengkapi tenaga kerja di IKN. Sebab, spesifikasi CASN yang dibutuhkan di IKN juga berbeda untuk mengikuti pola kerja baru. Sehingga, tidak serta merta seluruh PNS yang ada di Jakarta, terutama di instansi pemerintah pusat, pindah seluruhnya ke IKN.

"Nanti seleksi akan ketat terutama mereka yang punya talenta digital, dan kemampuan lebih, sehingga yang pindah ke IKN anak muda yang bisa menyongsong birokrasi yang lebih transparan, cepat, dan era Indonesia emas disiapkan dari sekarang," tuturnya.

Rekrutmen sebanyak 200.000 ASN tersebut akan dilakukan di Jakarta, namun tidak semuanya langsung pindah ke IKN. Pasalnya, pemindahan masih harus menunggu rampungnya hunian ASN yang tengah dibangun oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Dengan begitu, pemindahan 200.000 ASN baru itu dilakukan secara bertahap.

"Kita sedang rekrut lagi untuk pusat untuk IKN, soal pindahnya kapan, tergantung instansi, disesuaikan dengan tempat yang tersedia (di IKN)," kata Anas.

Pada kesempatan tersebut, Anas juga menyampaikan pada tahap awal, setidaknya ada 2.500 ASN yang siap dipindahkan ke IKN hingga bulan Agustus mendatang. Para ASN tersebut nantinya akan menyiapkan upacara 17 Agustus 2024 di IKN.

"Jadi sekarang sedang dibuat skenario lebih rinci, jangka pendek, menengah, dan panjang, jangka pendek ini kita siapkan dengan hunian yang tersedia, tetapi agustus sampai oktober ada yang pindah ke IKN, minimal untuk 2.500 ASN sudah siap," ucapnya.

Topik Menarik