Data Kerusakan Dampak Angin Puting Beliung di Bandung-Sumedang, Ratusan Rumah Rusak

Data Kerusakan Dampak Angin Puting Beliung di Bandung-Sumedang, Ratusan Rumah Rusak

Terkini | inews | Kamis, 22 Februari 2024 - 10:23
share

BANDUNG, iNews.id - Angin Puting Beliung menerjang wilayah Kabupaten Sumedang dan Kabupaten Bandung, Rabu (21/2/2024) sore. Bencana alam ini menimbulkan kerusakan ratusan bangunan rumah warga dan ribuan jiwa terdampak.

Kepala Seksi Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Barat Hadi Rahmat mengatakan, beberapa wilayah lokasi kejadian di Kecamatan Jatinangor, Cimanggung, Sumedang. Kemudian tiga kecamatan di Kabupaten Bandung yakni Rancaekek, Cicalengka dan Cileunyi.

"Update pukul 07.15 pagi ini, di Kabupaten Sumedang sebanyak 413 KK terdampak dan 12 orang luka-luka. Di Kabupaten Bandung, 422 KK atau 1.359 jiwa terdampak dan 21 orang luka," ujar Hadi saat dikonfirmasi, Kamis (22/2/2024).

Hadi menjelaskan, selain korban terdampak, beberapa bangunan juga sedang di assessment dengan kondisi paling parah di Kabupaten Bandung.

"Ada 13 unit bangunan pabrik terdampak, 10 unit rumah rusak sedang. Lalu di Kabupaten Bandung, 18 bangunan pabrik dan toko Terdampak, 223 unit rumah rusak ringan, 119 unit rumah rusak sedang dan 151 unit rumah rusak berat," katanya.

Menurutnya, BPBD Jabar masih terus mendata dan juga assessment berkoordinasi dengan BPBD Sumedang dan Kabupaten Bandung.

"Kami masih assessment ke lokasi kejadian, BPBD juga dibantu Basarnas, TNI, Polri dan aparatur setempat bersama warga sekitar membersihkan puing-puing yang berserakan serta membantu menebang pohon yang menghalangi jalan," ucapnya.

Topik Menarik