Siap-Siap, KemenPANRB akan Buka 200 ribu Formasi ASN Khusus Berkantor di IKN

Siap-Siap, KemenPANRB akan Buka 200 ribu Formasi ASN Khusus Berkantor di IKN

Ekonomi | IDX Channel | Sabtu, 24 Februari 2024 - 16:31
share

IDXChannel - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi (PANRB) sedang menyiapkan rekrutmen Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) instansi pusat, khusus penempatan di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur (Kaltim).

Menteri PANRB Abdullah Azwar Anas merinci, rencananya formasi khusus yang berkantor di IKN ini sebanyak 200 ribu orang pada 2024, yang diperuntukan bagi para generasi muda yang baru selesai menempuh jenjang pendidikan atau fresh graduate.

"Pada saat yang sama Pemerintah tengah menyiapkan rekrutmen fresh graduate untuk calon ASN di IKN, ada 200 ribu lebih yang kita siapkan formasi tahun ini, untuk (instansi) Pusat yang di rekrut untuk pindah ke IKN," kata Anas saat ditemui di Universitas Indonesia, Sabtu (24/2/2024).

Dia menambahkan, pengadaan CASN baru ini bertujuan untuk melengkapi tenaga kerja di IKN, sebab spesifikasi CASN yang dibutuhkan di IKN juga berbeda untuk mengikuti pola kerja baru. Sehingga tidak serta merta seluruh PNS yang ada di Jakarta, terutama di instansi pemerintah pusat, pindah seluruhnya ke IKN.

"Nanti seleksi akan ketat terutama mereka yang punya talenta digital, dan kemampuan lebih, sehingga yang pindah ke IKN anak muda yang bisa menyongsong birokrasi yang lebih transparan, cepat, dan era Indonesia emas disiapkan dari sekarang," katanya.

Rekrutmen 200 ribu ASN tersebut akan dilakukan di Jakarta, namun tidak semuanya langsung pindah ke IKN. Hal itu masih harus menunggu rampungnya hunian tengah dibangun oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Sehingga pemindahan 200 ribu rekrutmen ASN baru itu dilakukan secara bertahap.

"Kita sedang rekrut lagi untuk pusat untuk IKN, soal pindahnya kapan, tergantung instansi, disesuaikan dengan tempat yang tersedia (di IKN)," lanjut Anas.

Pada kesempatan tersebut, Anas juga menyampaikan pada tahap awal, setidaknya ada 2.500 ASN yang siap dipindahkan ke IKN hingga bulan Agustus mendatang. Para ASN tersebut yang nantinya akan menyiapkan upacara peringatan 17 Agustus 2024 di IKN.

"Jadi sekarang sedang dibuat skenario lebih rinci, jangka pendek, menengah, dan panjang, jangka pendek ini kita siapkan dengan hunian yang tersedia, tetapi agustus sampai oktober ada yang pindah ke IKN, minimal untuk 2.500 asn sudah siap," pungkasnya.

(NIY)

Topik Menarik