1 Gulden Berapa Rupiah? Segini Nilainya jika Dikonversi

1 Gulden Berapa Rupiah? Segini Nilainya jika Dikonversi

Ekonomi | IDX Channel | Kamis, 22 Februari 2024 - 17:06
share

IDXChannel Satu gulden berapa rupiah? Sebagian orang belum mengetahui nilai tukar gulden ke rupiah.

Gulden adalah mata uang yang digunakan di beberapa negara di Eropa, seperti Belanda, Austria, dan Jerman pada abad ke-12. Mata uang ini juga menjadi salah satu mata uang tertua di dunia.

Gulden Belanda digunakan dari 1252 hingga 2002. Gulden Belanda ini digantikan oleh Euro pada 2002. Pada masanya, gulden merupakan mata uang yang dapat dikonversi secara bebas sehingga dapat dengan mudah ditukar dengan mata uang lain.

Meski saat ini sudah tidak lagi digunakan, namun banyak yang belum tahu nilai 1 Gulden berapa rupiah. Oleh karena itu, berikut IDXChannel mengulas kisaran nilainya sebagai referensi Anda.

1 Gulden Berapa Rupiah?

Nilai 1 gulden jika dikonversi ke dalam rupiah akan berubah-ubah seiring dengan naik turunnya nilai tukar mata uang yang berlaku saat ini. Namun berdasarkan data exchange hari ini, Rabu (22/2/2024) nilai 1 gulden antillen Belanda sama dengan Rp8.675,39.

Gulden sendiri telah digantikan oleh euro sejak 2002. Meski demikian, gulden antillen Belanda saat ini masih digunakan sebagai nama alat tukar resmi.

Adapun dilansir dari netherlands-tourism.com, mata uang resmi Belanda saat ini adalah euro. Mata uang ini telah berlaku sebagai alat pembayaran yang sah sejak 2002 silam. Namun sebenarnya, penggunaan euro melalui sarana elektronik dan cek perjalanan telah dilakukan sejak 1999.

Setelah euro diperkenalkan pada 2002, koin gulden sendiri masih bisa ditukarkan di Bank Sentral Belanda sampai hari pertama di tahun 2007. Sementara itu, uang kertas masih dapat ditukarkan sampai 2032 mendatang.

Selain Belanda, 18 negara anggota Uni Eropa lainnya juga telah mengadopsi Euro sebagai alat pembayaran yang sah dan membentuk Zona Euro.

Itulah ulasan mengenai 1 gulden berapa rupiah yang bisa Anda jadikan referensi. Semoga bermanfaat!

Topik Menarik