Dear Women, Kenapa Wanita Harus Mandiri secara Finansial?

Dear Women, Kenapa Wanita Harus Mandiri secara Finansial?

Berita Utama | IDX Channel | Kamis, 22 Februari 2024 - 14:35
share

IDXChannel - Kenapa wanita harus mandiri secara finansial? Untuk menjadi wanita mandiri secara finansial, ada baiknya memulainya sedini mungkin saat Anda masih lajang.

Kenapa Wanita Harus Mandiri secara Finansial?

Mengutip ruangmenyala, Anda mungkin sudah tahu bahwa menjadi wanita mandiri secara finansial adalah sebuah keistimewaan yang bisa diraih melalui kerja keras.

Namun apa sebenarnya arti kemandirian finansial bagi perempuan. Kemandirian finansial berarti perempuan mampu membuat keputusan keuangan sendiri. Secara khusus, perempuan yang mandiri secara finansial juga mampu membuat rencana keuangan jangka panjang tanpa bergantung pada orang lain.

Prita Hapsari Ghozie, perencana keuangan dan CEO Zap Finance, mengatakan wanita bisa mandiri secara finansial sebelum usia 40 tahun. Namun, Anda perlu mengambil beberapa langkah.

1. Mandiri dan Berdaya

Jika Anda lajang, dapatkan kepercayaan diri sebanyak mungkin. Namun meski Anda sudah menikah, menjadi pengurus rumah tangga setidaknya bisa memberi Anda kepercayaan diri. Misalnya, kemampuan menghasilkan pendapatan menjadi pembeda besar ketika satu sumber pendapatan saja tidak cukup.

2. Tidak Iri dengan Finansial Orang Lain

Saat Anda melihat teman-teman di instagran, Anda mungkin sering bertanya-tanya kenapa wanita lain sudah punya rumah sendiri, mobil keren, atau sekedar liburan yang menyenangkan untuk diri mereka sendiri?

Tolong berhenti melakukan pemikiran tersebut. Percayalah, setiap wanita akan memiliki perjalanan finansialnya masing-masing. Namun, penting untuk memiliki tujuan finansial. Jika seorang wanita mempunyai tujuan, dia membuat rencana untuk mencapai tujuan tersebut.

Cara untuk mencapai hal ini adalah dengan membuat papan tujuan keuangan visual dan membuat anggaran bulanan yang mencakup alokasi untuk hidup, menabung, dan bermain.

3. Jangan Takut Berinvestasi

Berinvestasi mutlak diperlukan untuk mencapai tujuan keuangan Anda. Perlu diketahui juga bahwa investasi saham merupakan investasi jangka panjang yang dapat memberikan return optimal melalui kenaikan harga beli dan jual serta passive income dari dividen.

Itulah alasan kenapa wanita harus mandiri secara finansial. Semoga artikel ini dapat membantu Anda lebih baik dalam mempersiapkan keuangan di masa depan. (SNP)

Topik Menarik