Apakah YouTube Short Bisa Menghasilkan Uang? Intip Penjelasannya

Apakah YouTube Short Bisa Menghasilkan Uang? Intip Penjelasannya

Teknologi | IDX Channel | Rabu, 21 Februari 2024 - 19:01
share

IDXChannel - Apakah YouTube short bisa menghasilkan uang? Sebelum mengetahui itu, penting untuk memahami aturan yang berlaku.

Menurut informasi dari Epidemicsound.com, penghasilan dari YouTube Shorts bergantung pada beberapa faktor, termasuk kepatuhan pada aturan, penerimaan syarat dan ketentuan, serta mencapai ambang batas monetisasi.

Secara singkat, setelah memenuhi persyaratan untuk monetisasi, Anda akan mulai menerima pembayaran dari Kumpulan Pembuat Konten YouTube Shorts.

Lantas apakah YouTube short bisa menghasilkan uang? Intip rinciannya.

Apakah YouTube Short Bisa Menghasilkan Uang?

Anda dapat memonetisasi YouTube Shorts jika memiliki setidaknya 500 pelanggan. Namun, ada syarat tambahan, yaitu Anda harus memiliki tiga juta penayangan Shorts yang valid dalam 90 hari terakhir.

Jika itu terasa sulit, alternatifnya adalah memenuhi syarat dengan memiliki 500 pengikut dan 4.000 jam tontonan publik dalam 12 bulan terakhir di kanal YouTube utama Anda.

Untuk semua opsi monetisasi, Anda juga harus mengunggah setidaknya tiga video publik dalam 90 hari terakhir.

Setelah memenuhi kriteria tersebut, Anda dapat mengaktifkan iklan dan mendapatkan 45% dari pendapatan iklan yang dialokasikan untuk video Shorts Anda, sementara sisanya akan disalurkan ke YouTube.

Apakah YouTube Short Bisa Menghasilkan Uang? Intip Penjelasannya. (FOTO: MNC MEDIA)

Namun, berapa banyak penghasilan yang bisa Anda dapatkan melalui monetisasi YouTube Shorts tidak dapat dipastikan dengan pasti, karena tidak ada rumus resmi yang menentukan jumlah pendapatan per 1.000 penayangan.

Meskipun beberapa perkiraan menyebutkan sekitar USD0,04 per 1.000 penayangan, namun angka tersebut tidak berasal dari sumber resmi YouTube.

Yang jelas, penghasilan Anda akan dipotong sebesar 45% dari jumlah total, sesuai dengan kebijakan pembayaran standar pendapatan iklan YouTube.

Perlu diingat bahwa monetisasi YouTube Shorts hanya berlaku untuk penayangan setelah Anda menyetujui syarat dan ketentuan baru, sehingga penayangan Shorts yang sudah ada sebelumnya sayangnya tidak akan menghasilkan penghasilan.

Itulah penjelasan dan jawaban mengenai apakah YouTube short bisa menghasilkan uang. Semoga inforamsi ini berguna dan bermanfaat bagi Anda. (MYY)

Topik Menarik