Mengapa Gaza Jadi Ujian Persatuan bagi Liga Arab?

Mengapa Gaza Jadi Ujian Persatuan bagi Liga Arab?

Global | sindonews | Kamis, 30 Mei 2024 - 11:11
share

Ada peningkatan kesadaran di kalangan diplomat dan jurnalis yang meliput Timur Tengah bahwa slogan persatuan Arab sedang diuji di tingkat politik tertinggi. Hal ini menjadi semakin nyata ketika perang Israel di Gaza memasuki bulan kedelapan dan pertumpahan darah terus berlanjut tanpa ada tanda-tanda akan segera berakhir.

Itu terlihat KTT Liga Arab tahun ini, yang diadakan di Bahrain beberapa waktu lalu dan dianggap oleh banyak orang sebagai pertemuan paling penting dalam beberapa tahun terakhir.

KTT ini akan menjadi kesempatan penting untuk menghasilkan rekomendasi guna memperkuat posisi Palestina dan menemukan cara untuk mengakhiri perang ini, kata Khaled Al Manzalawi, asisten sekretaris jenderal Liga dan kepala bagian urusan politik internasional, dilansir The National.

Harus Ada Intervensi di Gaza dalam Segala Bentuk

Foto/AP

Selama pidato Sekretaris Jenderal Ahmed Aboul Gheit pada sesi persiapan para menteri luar negeri, terdapat tanda-tanda awal dari klausul yang dapat ditindaklanjuti. Aboul Gheit secara eksplisit meminta komunitas Arab dan internasional untuk melakukan intervensi di Gaza dalam segala bentuk.

Kami menyerukan upaya internasional untuk berorganisasi di balik terciptanya solusi dua negara karena kedua pihak, Palestina dan Israel, tidak dapat mencapai kesepakatan sendiri, kata Aboul Gheit kepada audiensinya. Oleh karena itu, intervensi internasional, dalam segala bentuknya, telah menjadi sebuah kebutuhan dan kembali ke jalur perundingan bilateral bukan lagi sebuah pilihan yang memungkinkan. Bagaimana negosiasi ini bisa terjadi jika ada pihak yang menolaknya?

Meskipun setiap konferensi perdamaian di Bahrain memerlukan persiapan berbulan-bulan sebelum dapat diselenggarakan, para diplomat sadar akan keterbatasan waktu yang mereka hadapi.

Masih Banyak Perbedaan Pendapat di Antara Pemimpin Arab

Foto/AP

Liga tersebut mengadakan pertemuan puncak darurat bersama dengan Organisasi Kerja Sama Islam di Riyadh pada bulan November, sebulan setelah serangan Hamas dan Israel melancarkan perangnya di Jalur Gaza yang terkepung. Meskipun para pemimpin Arab dan Muslim mengutuk tindakan biadab Israel di Gaza dan menuntut diakhirinya perang selama pertemuan puncak tersebut, pertemuan mereka menunjukkan bahwa terdapat perbedaan pendapat mengenai bagaimana menanggapi situasi tersebut.

Komunike terakhir telah dibuat, namun tidak ada klausul yang dapat memaksa diakhirinya perang, setelah satu bulan berlalu.

Meskipun demikian, para analis mengatakan KTT gabungan tersebut masih berhasil menyampaikan pesan dan peringatan penting kepada Israel, Amerika Serikat, dan negara-negara Barat.

Pada saat itu, Aziz Alghashian, seorang analis Saudi yang meneliti hubungan Riyadh dengan Israel, mengatakan : Saya pikir konsensusnya adalah bahwa ini lebih merupakan simbolisme, narasi dan diplomasi.

Namun enam bulan kemudian, di Bahrain, tampaknya para diplomat Arab berupaya untuk tidak hanya sekedar kata-kata dan peringatan.

Salah satu klausul yang akan dimasukkan dalam komunike akhir, yang disebut Deklarasi Bahrain, adalah seruan untuk menghidupkan kembali proses perdamaian antara Palestina dan Israel dengan tujuan mencapai solusi dua negara yang selama ini sulit dicapai.

Seorang diplomat Bahrain mengatakan bahwa negaranya sadar bahwa menghidupkan kembali proses tersebut melalui konferensi perdamaian lainnya akan menjadi bukan prestasi kecil.

Meskipun setiap konferensi perdamaian di Bahrain memerlukan persiapan berbulan-bulan sebelum dapat diselenggarakan, para diplomat sadar akan keterbatasan waktu yang mereka hadapi. Itulah sebabnya kata-kata seperti batasan waktu dan tenggat waktu akan disertakan dalam komunike akhir.

Bukan Hanya Kata dan Pernyataan

Foto/AP

Namun semua orang di Manama telah mengakui adanya perubahan yang semakin besar di kancah internasional terkait perjuangan Palestina dan kekejaman perang Israel di Gaza. Mereka semua menyadari bahwa waktu untuk bertindak, bukan hanya kata-kata dan pernyataan, tidak dapat dinegosiasikan pada tahap perang saat ini.

Departemen Luar Negeri, mengatakan: Kami memahami bahwa pertemuan puncak di Bahrain berlangsung pada tahap geopolitik yang sangat sulit di negara kita. Namun para diplomat yang berkumpul di Manama menyadari fakta bahwa pandangan dunia terhadap perjuangan Palestina kini berubah lebih dari sebelumnya.

Perang tersebut, sejauh ini, telah menewaskan lebih dari 35.000 warga Palestina, menurut angka terbaru dari otoritas kesehatan Gaza. Sebelum perjanjian ini dimulai, tidak satu pun dari 27 negara anggota UE yang secara resmi mengakui Palestina. Pola pikir itu sedang berubah. Kini Slovenia, Spanyol dan Irlandia bergerak menuju pengakuan negara Palestina.

Berbicara kepada saya di sela-sela KTT tersebut, Hossam Zaki, Asisten Sekretaris Jenderal Liga Arab, mengatakan bahwa KTT Manama, tidak diragukan lagi, memiliki konsensus Arab yang bulat dan menyeluruh mengenai rencana aksi Liga Arab untuk tahun depan, terkait perang di Gaza. di pusatnya.

Ada perasaan bahwa negara-negara Arab kini mempunyai pengaruh, lebih dari sebelumnya, untuk mendorong perjuangan Palestina dan penyelesaian konflik yang akan mendapat dukungan internasional yang luas. Namun mereka sadar bahwa perjanjian perdamaian apa pun memerlukan pemerintah Israel yang lebih kooperatif. Dan hal ini tampaknya tidak mungkin terjadi dalam waktu dekat selama Perdana Menteri Benjamin Netanyahu dan koalisi sayap kanannya masih berkuasa.

Topik Menarik