Serangan Rudal Rusia Terus Hantam Infrastruktur Energi Ukraina di 7 Wilayah, Picu Pemadaman Listrik

Serangan Rudal Rusia Terus Hantam Infrastruktur Energi Ukraina di 7 Wilayah, Picu Pemadaman Listrik

Berita Utama | okezone | Kamis, 9 Mei 2024 - 09:23
share

UKRAINA - Masyarakat di beberapa wilayah Ukraina mengalami pemadaman listrik setelah gelombang terbaru serangan Rusia terhadap infrastruktur energi negara tersebut.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengatakan telah terjadi serangan rudal dan drone terhadap fasilitas energi penting di tujuh wilayah.

BBC Verify telah melacak serangan Rusia terhadap target energi dalam beberapa bulan terakhir dan pakar industri mengatakan Rusia telah mengubah strateginya. Yakni semakin menargetkan pembangkit listrik untuk mencoba mengganggu pasokan energi ke Ukraina.

Dalam postingan di media sosial, Zelensky mengatakan lebih dari 50 rudal dan 20 drone telah ditembakkan oleh Rusia pada Selasa (7/5/2024), menghantam fasilitas di wilayah Lviv, Vinnytsia, Kyiv, Poltava, Kirovohrad, Zaporizhzhia, dan Ivano-Frankivsk.

Perusahaan listrik nasional Ukraina, Ukrenergo, mengatakan terjadi pemadaman listrik baru di sembilan wilayah dan memperingatkan kemungkinan pemadaman listrik di seluruh negeri pada Rabu (8/5/2024) malam sebagai akibat dari kerusakan baru dan pertempuran yang sedang berlangsung.

Sebelum serangan terbaru yang dilakukan Rusia, analisis BBC memverifikasi kerusakan pada 12 fasilitas dan pihak berwenang Ukraina telah melaporkan setidaknya selusin serangan lagi dengan dampak mulai dari kapasitas fasilitas yang berkurang secara signifikan hingga tidak berfungsi sama sekali.

Menurut perusahaan energi yang dikelola pemerintah Centrenergo, satu pembangkit listrik tenaga panas di Kharkiv hancur. Gambar tersebut, yang telah BBC verifikasi, menunjukkan sebuah lubang yang pecah di tengah bangunan yang melayani kota terbesar kedua di Ukraina.

Topik Menarik