Peran Arab Saudi Menghadang Roket Iran ke Israel

Peran Arab Saudi Menghadang Roket Iran ke Israel

Global | okezone | Kamis, 25 April 2024 - 16:56
share

IRAN - Situasi di Timur Tengah semakin menegang pasca serangan balasan Iran yang mengirimkan drone dan rudal ke Israel. Namun pihak Israel menyatakan bahwa 99 dari serangan ratusan drone dan rudal Iran berhasil dihancurkan sebelum mengenai target.

Tentu hal ini tidak mungkin dapat diatasi Israel sendirian tanpa adanya bantuan dari sekutu Barat serta rekan-rekan dari Timur Tengah. Fakta terakhir inilah yang mengejutkan dunia.

Semenjak perang antara Israel dan Palestina meletus pada tanggal 7 Oktober, situasi di Timur Tengah mulai memburuk. Israel yang meluncurkan serangan balasan ke Gaza dan menyebabkan banyak korban jiwa dari pihak Palestina membuat negara-negara Arab sangat menentang tindakan Israel di Gaza.

Namun justru ketika Iran melakukan serangan drone dan rudal kepada Israel sebagai bentuk pembalasan atas serangan Israel terhadap konsulat Iran di Damaskus, beberapa negara-negara Arab ikut membantu Israel beserta sekutunya dalam menjatuhkan drone dan rudal milik Iran.

Mengutip Firstpost, negara-negara Arab seperti Yordania, Arab Saudi dan Uni Emirat Arab (UEA), ikut turun tangan dalam membantu menangkis serangan Iran. Arab Saudi memberi bantuan dalam bentuk penyampaian informasi intelijen mengenai rencana Iran serta memberikan informasi penting yang merupakan kunci untuk menggagalkan serangan besar-besaran tersebut.

Melansir dari The Times of Israel, awalnya beberapa negara Arab ragu untuk ikut membantu Israel. Hal ini dikarenakan mereka takut akan terlibat dalam konflik secara langsung dengan Iran jika sekiranya mereka juga menyerang balik negara-negara Arab yang membantu Israel.

Topik Menarik