Jamaika, Negaranya Bob Marley, Resmi Mengakui Palestina Sebagai Negara

Jamaika, Negaranya Bob Marley, Resmi Mengakui Palestina Sebagai Negara

Berita Utama | sindonews | Kamis, 25 April 2024 - 09:00
share

Pemerintah Jamaika telah mengumumkan bahwa mereka telah memutuskan untuk secara resmi mengakui Negara Palestina setelah musyawarah di kabinet pada hari Senin lalu.

Negara asal musisi Bob Marley tersebut menegaskan kembali dukungannya terhadap gencatan senjata, pembebasan sandera dan akses bantuan kemanusiaan bagi masyarakat Gaza.

“Jamaika terus mengadvokasi solusi dua negara sebagai satu-satunya pilihan yang layak untuk menyelesaikan konflik berkepanjangan [Israel-Palestina], menjamin keamanan Israel dan menjunjung tinggi martabat dan hak-hak warga Palestina,” kata Menteri Luar Negeri dan Perdagangan Asing Jamaika Kamina Johnson Smith dalam sebuah pernyataan, yang dilansir dari Middle East Monitor, Kamis (25/4/2024).

“Dengan mengakui Negara Palestina, Jamaika memperkuat advokasinya menuju solusi damai,” lanjut Smith.

Baca Juga: AS Klaim Tak Terapkan Standar Ganda soal Israel dan HAM

“Keputusan ini sejalan dengan komitmen kuat Jamaika terhadap prinsip-prinsip Piagam Perserikatan Bangsa-Bangsa, yang bertujuan untuk membangun rasa saling menghormati dan hidup berdampingan secara damai antarnegara, serta pengakuan atas hak masyarakat untuk menentukan nasib sendiri,” imbuh Smith.

Smith menegaskan kembali dukungan Jamaika terhadap gencatan senjata dan akses bantuan kemanusiaan bagi masyarakat Gaza.

“Jamaika terus mendukung semua upaya deeskalasi dan pembentukan perdamaian abadi di kawasan, memohon semua pihak untuk mempertimbangkan konsekuensi mengerikan dari konflik lebih lanjut dan berkomitmen pada solusi diplomatik yang menjamin keselamatan dan kedaulatan semua pihak,” kata Smith.

Jamaika kini bergabung dengan sekitar 140 negara anggota PBB dan 11 negara Komunitas Karibia (CARICOM) yang telah mengakui Negara Palestina. Ratusan negara tersebut antara lain Indonesia, Ekuador, Mesir, India, Islandia, Rumania, Polandia, Burundi, Thailand, Tanzania, Irak, Swedia, Rusia, Guyana, Haiti, Suriname, Kuba dan Republik Dominika.

Topik Menarik