AS Tuduh Langkah Israel Legalkan Pemukiman di Tepi Barat Berbahaya dan Sembrono

AS Tuduh Langkah Israel Legalkan Pemukiman di Tepi Barat Berbahaya dan Sembrono

Global | okezone | Kamis, 25 April 2024 - 07:18
share

WASHINGTON - Melegalkan pos-pos pemukim di Tepi Barat yang diduduki Israel akan menjadi tindakan yang berbahaya dan sembrono. Hal ini diungkapkan Departemen Luar Negeri Amerika Serikat (AS) pada Rabu (24/4/2024) sebagai tanggapan terhadap laporan Menteri Keuangan Israel Bezalel Smotrich untuk melakukan hal tersebut.

Times of Israel melaporkan bahwa Smotrich ingin memulai proses legalisasi 68 pos terdepan ilegal di Tepi Barat, dan menyebutnya sebagai salah satu perluasan paling dramatis bagi gerakan pemukiman dalam beberapa dekade.

“Laporan mengenai arahan untuk mendukung pos-pos ilegal di Tepi Barat, kami yakin itu berbahaya dan sembrono,” kata wakil juru bicara Departemen Luar Negeri Vedant Patel dalam briefing harian, dikutip Reuters.

AS menentang pemukiman tersebut dan yakin hal tersebut melanggar hukum internasional.

“Washington akan terus mendesak para pejabat Israel untuk menahan diri mengambil tindakan untuk mendanai pos-pos terdepan yang telah lama ilegal menurut hukum Israel,” kata juru bicara Departemen Luar Negeri.

Israel telah menetap di Tepi Barat secara luas sejak tahun 1967, memandangnya sebagai wilayah Yudea dan Samaria yang alkitabiah dan penting bagi keamanan Israel. Perdana Menteri (PM) Benjamin Netanyahu telah mendorong pertumbuhan permukiman, namun hal ini dikritik oleh AS.

Topik Menarik