Tak Ingin Bersitegang dengan Militer Thailand, Pemberontak Myanmar Mundur dari Perbatasan

Tak Ingin Bersitegang dengan Militer Thailand, Pemberontak Myanmar Mundur dari Perbatasan

Global | sindonews | Rabu, 24 April 2024 - 17:35
share

Kelompok pemberontak Myanmar telah menarik pasukannya dari sebuah kota di sepanjang perbatasan Thailand menyusul serangan balasan yang dilakukan oleh tentara junta yang berkuasa di mana pejuang perlawanan telah merebut pos perdagangan utama bulan ini.

"Persatuan Nasional Karen (KNU) melakukan mundur sementara dari kota Myawaddy," kata seorang juru bicara KNU Saw Taw Nee, dilansir Reuters. Itu setelah kembalinya tentara junta ke kawasan strategis penting yang merupakan saluran perdagangan luar negeri tahunan yang bernilai lebih dari USD1 miliar.

“Pasukan KNLA akan … menghancurkan pasukan junta dan pasukan pendukung mereka yang bergerak menuju Myawaddy,” kata Saw Taw Nee, merujuk pada sayap bersenjata kelompok tersebut, Tentara Pembebasan Nasional Karen, salah satu pasukan tempur etnis tertua di Myanmar.

Namun dia tidak mengatakan apa langkah selanjutnya yang akan diambil.

Pertempuran baru-baru ini berkobar pada hari Sabtu di Myawaddy, memaksa 3.000 warga sipil melarikan diri dalam satu hari ketika pemberontak berjuang untuk mengusir pasukan pemerintah Myanmar yang terdampar dan bersembunyi di jembatan penyeberangan perbatasan.

Pada hari Rabu, Thailand mengatakan pertempuran telah mereda dan mereka berharap untuk membuka kembali perbatasannya karena perdagangan telah terpukul. Dikatakan sebagian besar warga sipil telah kembali dan 650 orang masih bertahan.

“Situasinya telah membaik secara signifikan,” kata juru bicara Nikorndej Balankura dalam sebuah pengarahan. “Meskipun demikian, kami memantau dengan cermat situasi yang sangat tidak menentu dan dapat berubah.”

"Thailand telah menerima laporan bahwa negosiasi mungkin dimulai antara kelompok-kelompok yang bersaing di pihak Myanmar," kata Nikorndej, tanpa menjelaskan lebih lanjut.

Baca Juga: Perang Berkobar di Perbatasan Myanmar dan Thailand, Ada Apa Gerangan?

Dia menambahkan bahwa Thailand telah mengusulkan kepada Laos, ketua Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara, agar mereka dapat menjadi tuan rumah pertemuan yang bertujuan untuk mengakhiri krisis Myanmar.

Militer menghadapi tantangan terbesarnya sejak pertama kali mengambil alih Myanmar pada tahun 1962, terjebak dalam konflik berintensitas rendah dan berjuang untuk menstabilkan perekonomian yang telah runtuh sejak kudeta tahun 2021 yang mengakhiri satu dekade demokrasi dan reformasi tentatif.

Negara ini terjebak dalam perang saudara antara militer di satu sisi dan, di sisi lain, aliansi longgar tentara etnis minoritas dan gerakan perlawanan yang lahir dari tindakan keras berdarah junta terhadap perbedaan pendapat anti-kudeta.

Junta telah kehilangan kendali atas sejumlah wilayah perbatasan utama yang dikuasai kelompok pemberontak.

Foto-foto yang diposting di beberapa kelompok media sosial pro-junta menunjukkan segelintir tentara mengibarkan bendera Myanmar di pangkalan militer yang dikuasai KNU beberapa hari sebelumnya, dan tempat kelompok pemberontak mengibarkan spanduknya sendiri.

Junta, yang melancarkan serangan balasan untuk merebut kembali Myawaddy, memasuki wilayah tersebut dengan bantuan milisi regional yang berdiri di pinggir ketika KNU mengepung kota tersebut pada awal April, menurut juru bicara KNU.

Junta dan kelompok milisi, Tentara Nasional Karen (KNA), tidak segera menanggapi panggilan telepon untuk meminta komentar.

Sebelumnya bersekutu dengan junta, KNA menegaskan kemerdekaannya dari melemahnya militer Myanmar tahun ini, namun belum secara terbuka berjanji setia kepada perlawanan anti-junta.

Mantan Pasukan Penjaga Perbatasan di bawah komando panglima perang Karen Saw Chit Thu dibentuk dari faksi KNLA sekitar tahun 2010.

Dikenai sanksi oleh Inggris karena perdagangan manusia, Saw Chit Thu memiliki kepentingan komersial yang signifikan di Myawaddy dan wilayah sekitarnya, termasuk pusat perjudian dan penipuan.

Topik Menarik