15 Negara Muslim yang Pernah Mengakui Negara Israel, Sebagian Sudah Batalkan Pengakuan

15 Negara Muslim yang Pernah Mengakui Negara Israel, Sebagian Sudah Batalkan Pengakuan

Global | sindonews | Rabu, 24 April 2024 - 13:01
share

Terdapat sejumlah negara Muslim yang pernah mengakui berdirinya negara Israel. Namun, beberapa di antaranya sudah dibatalkan karena berbagai alasan.

Sejak mendeklarasikan diri sebagai negara pada 1948, Israel cukup sulit mendapat pengakuan, terlebih dari negara Muslim. Namun, seiring waktu kondisi berubah.

Negara-negara Muslim yang awalnya menjadi musuh justru beralih menjalin hubungan diplomasi dan mengakui Israel. Dirangkum dari berbagai sumber, Selasa (23/4/2024), berikut ini di antaranya.

Negara Mayoritas Muslim yang Pernah Mengakui Kemerdekaan Israel

1. Turki

Turki menjadi negara Muslim pertama yang mengakui Israel. Mereka mengakuinya sekitar setahun setelah Israel berdiri, yakni 28 Maret 1949.

Mengutip Al Jazeera, Turki bahkan sudah membuka kantor diplomatik pertamanya di Israel pada 1950. Kendati punya hubungan dengan Tel Aviv, Ankara juga aktif terlibat dalam dukungan terhadap Palestina.

2. Iran

Sebelum Syiah berkuasa, Iran dan Israel menjalin hubungan yang cukup harmonis. Mereka bahkan menjadi negara Muslim kedua setelah Turki yang mengakui Israel pada 1950.

Mengutip France24, situasi berubah ketika Shah digulingkan. Khomeini yang naik langsung menyebut Israel bersama Amerika Serikat sebagai musuh utama Iran.

Setelahnya, Iran pun memutuskan hubungan dengan Israel. Tak hanya itu, mereka juga membatalkan pengakuan atas negara tersebut yang sebelumnya pernah diberikan.

3. Mesir

Pada 26 Maret 1979, Mesir menandatangani perjanjian damai dengan Israel. Perjanjian tersebut ditandatangani Presiden Mesir Anwar Sadat dan Perdana Menteri Israel Menachem Begin, serta disaksikan Presiden AS Jimmy Carter.

Mengutip Politico, langkah Anwar Sadat mendapat banyak kritikan dari pemimpin negara-negara Arab. Liga Arab bahkan menangguhkan Mesir dari keanggotaan hingga tahun 1989.

Pada 6 Oktober 1981, Sadat dibunuh seorang perwira militer saat menyaksikan parade kemenangan di Kairo. Namun, proses perdamaian Mesir dengan Israel terus berlanjut tanpa Sadat.

Puncaknya, pada 1982 terjalin hubungan diplomatik penuh antara Mesir dan Israel. Hal ini sempat membuat Mesir meraih predikat sebagai satu-satunya negara Arab yang secara resmi mengakui Israel.

4. Bahrain

Pada 15 September 2020, Bahrain setuju mengakui Israel berdasarkan kesepakatan yang ditengahi Amerika Serikat. Langkah ini menambah panjang deretan negara Arab yang mengakui Israel sejak merdeka pada 1948.

Sebagaimana negara Arab lain, Bahrain mendasarkan hubungan dengan Israel karena takut dengan ancaman Iran. Kendati begitu, kebijakan politik negara ini masih tetap mendukung perjuangan Palestina untuk merdeka.

5. Uni Emirat Arab

Berikutnya ada Uni Emirat Arab. Hubungannya dengan Israel baru terjalin beberapa tahun yang lalu.

Sebelum penandatanganan Abraham Accords pada 13 Agustus 2020, Uni Emirat Arab belum resmi mengakui Israel. Sebagaimana Bahrain, terjalinnya hubungan ini juga tak bisa dilepaskan dari Amerika Serikat.

6. Yordania

Yordania menjadi salah satu negara Arab yang mengakui Israel. Hal ini terjadi dengan penandatanganan Perjanjian Wadi Araba pada 26 Oktober 1994.

Langkah tersebut diambil guna mengamankan perbatasannya. Sebagaimana diketahui, sebelumnya Yordania kehilangan banyak wilayah usai kalah dalam Perang Enam Hari.

7. Maroko

Maroko punya hubungan naik-turun dengan Israel. Negara ini diketahui pernah menjalin hubungan diplomatik pada 1994 dan memutuskannya di 2002.

Namun, Maroko kembali memperbaiki hubungan dengan Israel pada Desember 2020 lalu. Hal ini tercantum dalam bagian Perjanjian Normalisasi Maroko-Israel.

Selain ketujuh nama di atas, masih ada sejumlah negara Muslim lain yang pernah juga mengakui Israel. Berikut ini daftarnya sebagaimana diambil dari laman Jewish Virtual Library.

8. Qatar

Pengakuan: 1996

Status: Sudah dibatalkan

9. Kazakhstan

Pengakuan: 10 April 1992

Status: Masih

10. Sudan

Pengakuan: 2020

Status: Masih

11. Tajikistan

Pengakuan: 1991/1992

Status: Masih

12. Tunisia

Pengakuan: 1994

Status: Sudah dibatalkan

13. Turkmenistan

Pengakuan: 1993

Status: Masih

14. Uzbekistan

Pengakuan: 1992

Status: Masih

15. Azerbaijan

Pengakuan: 1992

Status: Masih

Itulah sejumlah negara mayoritas Muslim yang pernah mengakui negara Israel.

Baca juga: Iran Ancam Musnahkan Israel Jika Berani Menyerang Lagi

Topik Menarik