Pangkalan Militer AS di Suriah Diserang, Pertama Kali Sejak Februari

Pangkalan Militer AS di Suriah Diserang, Pertama Kali Sejak Februari

Global | sindonews | Selasa, 23 April 2024 - 20:30
share

Serangan roket baru ini terjadi di pangkalan militer Amerika Serikat (AS) di timur laut Suriah pada Minggu (21/4/2024).

Insiden ini terjadi setelah jeda serangan sejak bulan Februari dan dilatarbelakangi meningkatnya ketegangan di kawasan antara Israel dan Iran.

Diperkirakan lima roket diluncurkan dari Irak menuju pangkalan militer AS itu, menurut sumber keamanan Irak dan seorang pejabat AS yang dikutip Reuters.

Serangan tersebut diyakini diluncurkan dari Zummar, kota Irak di perbatasan dengan Suriah.Seorang pejabat AS yang tidak disebutkan namanya mengatakan "serangan roket yang gagal" menargetkan pangkalan koalisi di Rumalyn, namun tidak ada personel Amerika yang terluka.

Tidak jelas apakah roket-roket tersebut gagal mencapai pangkalan atau hancur.

Operasi pencarian yang diluncurkan pasukan Irak yang dikerahkan di daerah tersebut menghasilkan penemuan satu kendaraan yang digambarkan sebagai truk kecil yang mereka klaim digunakan dalam serangan tersebut. Truk dengan peluncur roket terpasang di punggungnya diparkir di Zummar dan terbakar akibat ledakan roket yang tidak ditembakkan, menurut seorang pejabat militer, yang menambahkan ada pesawat tempur di langit pada saat yang bersamaan.

Pejabat Amerika yang disebutkan di atas mengklaim pesawat koalisi pimpinan AS di Irak dan Suriah melakukan serangan terhadap peluncur tersebut.

Baca juga: Pemukim Yahudi Selundupkan Kambing ke Kompleks Masjid Al Aqsa untuk Kurban Paskah

Serangan roket terhadap pangkalan AS tersebut adalah yang pertama sejak awal Februari, ketika terjadi jeda dalam serangan terhadap pasukan Amerika yang oleh Washington dikaitkan dengan milisi yang didukung Iran.

Hal ini terjadi sehari setelah Perdana Menteri (PM) Irak Mohammed Shia al-Sudani kembali dari kunjungan ke Amerika Serikat, di mana dia bertemu dengan Presiden Joe Biden di Gedung Putih.

Tak lama setelah serangan roket tersebut, postingan pada hari Senin di grup Telegram yang berafiliasi dengan Kataib Hezbollah menyatakan, “Apa yang terjadi beberapa waktu lalu adalah permulaan.”

Postingan tersebut menambahkan faksi-faksi bersenjata di Irak bermaksud melanjutkan serangan karena kurangnya kemajuan dalam pembicaraan untuk memfasilitasi keluarnya pasukan AS selama kunjungan Perdana Menteri Irak Mohammed Shia al-Sudani ke AS.

Sejak 7 Oktober 2023, ketika konflik Palestina-Israel meningkat, serangan terhadap pangkalan koalisi internasional pimpinan AS di Irak dan pasukan Amerika di Suriah semakin meningkat, dan kelompok bersenjata Syiah di Irak mengaku bertanggung jawab atas serangan tersebut.

Namun, mengingat pembicaraan yang sedang berlangsung mengenai masa depan pasukan AS di Irak, pembicaraan tersebut ditunda.

Sejak AS secara resmi mengakhiri misi tempurnya di Irak pada tahun 2021, AS telah mengerahkan sekitar 2.500 tentara di sana sebagai bagian dari apa yang disebut personel yang “melatih dan membantu”.

Pemerintah Irak mengumumkan rencana memulai pembicaraan formal dengan Washington mengenai penghentian misi koalisi anti-terorisme pimpinan Amerika di negara itu pada Januari setelah serangan udara AS menewaskan komandan milisi Mushtaq Taleb al-Saidi.

Al-Saidi adalah pemimpin Harakat Hizbullah al-Nujaba, milisi yang berafiliasi dengan Pasukan Mobilisasi Populer Irak yang membantu mengusir kelompok Negara Islam (ISIS) dan teroris lainnya di Suriah dan Irak antara tahun 2013 dan 2017.

Menurut berbagai sumber, terdapat antara 900 dan 2.000 tentara AS di Suriah yang diduga melakukan operasi kontraterorisme melawan ISIS.

Suriah telah berulang kali menuntut agar AS mengakhiri pendudukannya, dan Damaskus serta sekutunya menekankan kehadiran pasukan Amerika adalah “ilegal.”

Pernyataan bersama baru-baru ini oleh Biden dan al-Sudani mengatakan, "Kedua pemimpin menegaskan mereka akan meninjau faktor-faktor untuk menentukan kapan dan bagaimana misi Koalisi Global di Irak akan berakhir."

Serangan roket saat ini terjadi setelah ledakan besar terjadi di pangkalan militer di Irak pada Sabtu pagi.

Serangan ini menewaskan seorang anggota pasukan keamanan Irak. Ledakan itu terjadi di pangkalan militer Kalsu di provinsi Babilonia, tempat tentara reguler, polisi, dan anggota Pasukan Mobilisasi Populer Irak, atau Hashed Al-Shaabi, ditempatkan, menurut pasukan keamanan Irak yang dikutip media Arab.

Topik Menarik