Jerman Kerahkan 3.000 Tentara dalam Latihan Perang Dekat Perbatasan Rusia

Jerman Kerahkan 3.000 Tentara dalam Latihan Perang Dekat Perbatasan Rusia

Global | sindonews | Selasa, 23 April 2024 - 19:15
share

Lebih dari 3.000 personel militer Jerman mengambil bagian dalam latihan Grand Quadriga 2024 yang dimulai di Lituania pada Selasa (23/4/2024).

Manuver tersebut merupakan bagian dari rangkaian latihan NATO Steadfast Defender 24 yang lebih besar dan berlangsung selama berbulan-bulan yang dimulai pada akhir Januari.

Lituania berbatasan dengan eksklave Kaliningrad Rusia, serta sekutu terdekat Moskow, Belarusia.

Dalam perkembangan terpisah awal bulan ini, Berlin mengerahkan tim militer canggih ke negara Baltik tersebut sebagai bagian dari rencana brigade lapis baja berkekuatan penuh yang ditempatkan secara permanen di sana.

Moskow menggambarkan rencana tersebut sebagai ancaman yang memerlukan “tindakan khusus” sebagai tanggapannya.

Latihan Grand Quadriga 2024 dijadwalkan selesai pada akhir Mei, dan akan melibatkan 200 perangkat keras militer Jerman, termasuk tank Leopard serta kendaraan tempur infanteri Puma dan Boxer.

Dalam pernyataan Kamis lalu, militer Lituania menulis, “Latihan tersebut dipusatkan pada pemindahan dua divisi dari kawasan Eropa Tengah ke kawasan Timur.”

“Unit-unit Lithuania yang berlatih berdampingan dengan peserta Jerman akan merencanakan dan melaksanakan operasi,” papar dokumen itu.

Baca juga: Pemukim Yahudi Selundupkan Kambing ke Kompleks Masjid Al Aqsa untuk Kurban Paskah

Bundeswehr mengungkapkan divisi lapis bajanya akan diangkut dengan perahu, kereta api, dan jalan darat ke Lituania, di mana mereka akan “melatih pertahanan dan serangan balasan di wilayah sekutu.”

Beberapa latihan militer lainnya juga akan berlangsung di Lituania secara bersamaan, termasuk Sabre Strike, Brave Griffin 2024/II dan Thunder Strike yang semuanya merupakan bagian dari Steadfast Defender 24 NATO.

Dipuji sebagai latihan terbesar yang pernah diselenggarakan NATO dalam beberapa dekade, manuver tersebut akan melibatkan sekitar 90.000 tentara dari 32 negara anggota, menurut Panglima Tertinggi Sekutu untuk Eropa Christopher Cavoli.

Sekitar 1.100 kendaraan tempur, termasuk 133 tank dan 533 kendaraan tempur infanteri, akan terlibat, serta lebih dari 50 kapal angkatan laut dan 80 helikopter, drone, dan jet tempur.

Pada Januari, Jenderal Cavoli mengatakan latihan tersebut akan menyimulasikan “skenario konflik yang muncul melawan musuh yang hampir setara,” yang mencakup ribuan kilometer di seluruh Eropa.

Mengomentari latihan perang NATO pada awal Maret, Sekretaris Dewan Keamanan Rusia Nikolay Patrushev mengatakan, “Latihan tersebut tidak diragukan lagi meningkatkan ketegangan dan mengacaukan situasi di dunia.”

Dia mengklaim, “Skenario konfrontasi bersenjata dengan Rusia sedang dilatih.”

Topik Menarik