China Frustrasi atas Latihan Gabungan AS Bersama Filipina dan Jepang di Indo-Pasifik

China Frustrasi atas Latihan Gabungan AS Bersama Filipina dan Jepang di Indo-Pasifik

Global | sindonews | Selasa, 23 April 2024 - 17:25
share

Aktivitas agresif China di kawasan Indo-Pasifik mendapat penentangan keras dari Jepang, Filipina, dan Amerika Serikat (AS).

Ketiga negara tersebut tidak hanya berjanji untuk “menanggapi dengan tegas” setiap upaya Beijing untuk secara sepihak mengubah status quo di kawasan Laut China Timur dan Laut China Selatan, mereka juga sepakat untuk “memperkuat kerja sama keamanan dan pertahanan melalui dialog antar-otoritas pertahanan.”

Namun, isu yang memiliki potensi paling besar untuk menghalangi China adalah penegasan kembali Amerika atas komitmen aliansinya yang “sangat kuat” terhadap Jepang dan Filipina di kawasan Indo-Pasifik serta keputusan utama Washington dan Tokyo untuk mendukung rencana modernisasi pertahanan Manila.

Presiden AS Joe Biden secara khusus tampak jelas dalam pendekatan keamanan negaranya terhadap Filipina.

“Setiap serangan terhadap pesawat, kapal, atau angkatan bersenjata Filipina di Laut China Selatan akan mengacu pada perjanjian pertahanan bersama kita,” kata Biden, seperti dikutip dari Vietnam Times, Selasa (23/4/2024).

Pernyataan Biden tersebut disampaikan pada pertemuan puncak trilateral pertama yang baru saja selesai antara AS, Jepang, dan Filipina di Washington DC. Pertemuan itu diadakan ketika “perilaku berbahaya dan agresif” China di Laut China Selatan meningkatkan ketegangan antara Beijing dan negara-negara tetangganya di Asia Tenggara.

Baca Juga: Di Depan AS Cs, Jenderal China Ini Keras soal Taiwan dan Laut China Selatan

China mengatakan seluruh wilayah perairan Samudra Pasifik Barat seluas 3,5 juta kilometer persegi adalah miliknya, meski Pengadilan Arbitrase Permanen di Den Haag dalam putusannya pada 12 Juli 2016 menolak klaim Beijing.

Indo-Pasifik yang Bebas dan Terbuka

AS, Jepang, dan Filipina memperjelas bahwa untuk mendukung Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka, mereka tidak akan membiarkan lagi agresi China di kawasan tersebut, dan akan melawannya melalui kerja sama pertahanan yang kuat, termasuk gabungan pelatihan angkatan laut antara ketiga negara.

China, yang merasa bingung dengan latihan Angkatan Laut dan Angkatan Udara gabungan yang dilakukan Amerika, Jepang, Filipina, dan Australia pada 7 Maret di Laut China Selatan, akan melakukan lebih banyak latihan militer di wilayah tersebut.

Sebaliknya, Coast Guard AS dijadwalkan akan patroli bersama dengan Coast GuardJepang dan Filipina di Indo-Pasifik.

Pada 2025, AS berencana melakukan pelatihan maritim di sekitar Jepang. Di tahun yang sama, Amerika Serikat, Jepang, dan Filipina berencana mengadakan latihan trilateral dan aktivitas maritim lainnya di Indo-Pasifik untuk meningkatkan interoperabilitas dan memajukan keamanan dan keselamatan maritim.

“Kami mengumumkan pembentukan dialog maritim trilateral untuk meningkatkan koordinasi dan tanggapan kolektif guna mendorong kerja sama maritim,” bunyi pernyataan bersama AS, Jepang, dan Filipina pada akhir KTT trilateral.

Sementara itu, menurut South China Morning Post (SCMP), Filipina telah mengundang Jepang dan Amerika Serikat untuk melakukan “latihan maritim interoperabilitas” di Laut Visayan pada bulan Juni. Laut Visayan yang terletak di Filipina merupakan bagian dari Samudra Pasifik.

This Week in Asia, yang merupakan publikasi berita terkini yang berfokus pada Asia, mengutip juru bicara Coast Guard Filipina Laksamana Muda Armand Balilo, yang mengatakan bahwa fokus dari latihan gabungan yang diusulkan adalah interoperabilitas dalam fungsi-fungsi seperti pencarian dan penyelamatan.

Pengumuman mengenai langkah-langkah ini rupanya telah membuat marah Beijing. Kementerian Luar Negeri China mengeluarkan pernyataan keras terhadap AS, Jepang, dan Filipina.

“China sangat menentang praktik politik blok yang dilakukan negara-negara terkait. Kami dengan tegas menentang tindakan apa pun yang memicu dan meningkatkan ketegangan serta merugikan keamanan dan kepentingan strategis negara lain. Kami sangat menentang pembentukan kelompok eksklusif di kawasan ini,” kata juru bicara Kementerian Luar Negeri China Mao Ning.

Instalasi Militer di Laut China Selatan

Bagi AS dan negara-negara Asia, penyebab utama kekhawatiran adalah meningkatnya aktivitas militer Tentara Pembebasan Rakyat (PLA) China di Laut China Timur dan Laut China Selatan serta dampaknya terhadap perdamaian dan keamanan kawasan.

Di Laut China Selatan, China telah membangun pelabuhan, instalasi militer, dan landasan udara di Kepulauan Paracel (Hoang Sa) dan Spratly (Trương Sa).

Menurut Kementerian Pertahanan Jepang, China telah memperoleh kendali de facto atas tujuh fitur maritim di Kepulauan Spratly dan membangun struktur militer di tujuh fitur maritim tersebut. Mereka juga telah mengerahkan pesawat jet tempur, rudal jelajah, dan sistem radar di Pulau Woody.

Selama beberapa tahun terakhir, Angkatan Laut PLA, Coast Guard, dan Milisi Maritim China telah berulang kali mengganggu Filipina, Indonesia, Malaysia, dan Vietnam di Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) masing-masing di Laut China Selatan.

Dipersenjatai dengan kapal-kapal militer yang lebih besar dan lebih berat, Coast Guard China telah melakukan kunjungan yang lebih sering dan invasif ke ZEE tersebut. Langkah-langkah ini lebih sering mengakibatkan pertemuan dekat dengan Angkatan Laut negara-negara Asia Tenggara.

Dalam wawancara baru-baru ini dengan Nikkei Asia, Duta Besar Filipina untuk AS Jose Manuel Romualdez memperingatkan bahwa bentrokan antara kapal Filipina dan China di Laut China Selatan dapat memicu konflik besar kapan saja.

Dia juga mengatakan kepada Nikkei Asia bahwa Laut China Selatan “adalah titik konfliknya, bukan Taiwan. Dan (jika) sesuatu terjadi di wilayah kami, itu seperti awal perang lainnya, perang dunia.”

Namun demikian, dalam situasi geopolitik global yang berubah dengan cepat, kemunculan China sebagai ancaman terhadap stabilitas, keamanan, dan perdamaian di kawasan Indo-Pasifik telah menimbulkan kekhawatiran di seluruh dunia. Memperdalam keselarasan strategis yang dilakukan Amerika dengan Jepang dan Filipina atau dengan Australia dan mitra lainnya merupakan respons terhadap dorongan agresif China di kawasan.

Karena China menolak untuk berperilaku secara bertanggung jawab dalam langkah buta mereka dalam melakukan ekspansionisme, masuk akal bagi AS dan mitra aliansinya untuk melakukan tindakan yang dapat merugikan kekuatan ekonomi terbesar kedua di dunia tersebut.

Amerika Serikat, Jepang, dan Filipina melalui pertemuan puncak trilateral mereka telah menciptakan momentum anti-China—secara militer dan ekonomi di kawasan Indo-Pasifik.

Topik Menarik