Presiden Ukraina Tegaskan Bantuan AS Sebesar Rp989 Trilun Bisa Selamatkan Ribuan Nyawa

Presiden Ukraina Tegaskan Bantuan AS Sebesar Rp989 Trilun Bisa Selamatkan Ribuan Nyawa

Global | okezone | Senin, 22 April 2024 - 08:08
share

UKRAINA Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky akhirnya bisa bernafas lega karena bantuan dari Amerika Serikat (AS) sebesar USD61 miliar (Rp989 triliun) akhirnya disahkan Dewan perwakilan Rakyat (DPR) AS.

Zelensky menegaskan bantuan ini sangat penting karena bisa menyelamatkan ribuan nyawa.

Bagi Ukraina, penantian selama enam bulan untuk mendapatkan paket militer ini sangat merugikan sekaligus membuat frustrasi.

Berkurangnya amunisi telah menyebabkan hilangnya nyawa dan wilayah.

Vitaliy, seorang tentara yang BBC temui di pusat kota Kyiv, menegaskan penting untuk fokus pada hal-hal positif. “Setiap sen penting,” katanya. "Ini sangat dibutuhkan. Kami memerlukan segalanya. Setiap kartrid, setiap sen, setiap pemikiran positif. Kami memerlukan semuanya,” lanjutnya.

Ketika tim BBC berada di wilayah Donetsk bulan lalu, tentara mengatakan sebagian besar serangan artileri datang dari pihak Rusia. Kota-kota seperti Kostyantynivka dan Kramatorsk bersiap menghadapi apa yang mungkin terjadi. Bantuan ini mungkin dapat menyelamatkan kota-kota tersebut.

Hal ini tidak akan memberikan Ukraina cara instan untuk mulai membebaskan wilayahnya dan memaksa Rusia mundur. Namun hal ini memberikan peluang bagi Ukraina untuk melakukan hal tersebut di masa depan.

Konsensus di Kyiv dan Washington adalah bahwa tanpa bantuan Amerika, Ukraina akan kalah.

Topik Menarik