Hampir 1 Miliar Orang Akan Mengikuti Pemilu Terbesar di Dunia

Hampir 1 Miliar Orang Akan Mengikuti Pemilu Terbesar di Dunia

Global | sindonews | Sabtu, 20 April 2024 - 21:50
share

Jutaan warga India mulai memberikan suaranya pada Jumat dalam pemilu enam minggu yang merupakan referendum terhadap Narendra Modi, perdana menteri populis yang memperjuangkan gaya politik nasionalis Hindu yang tegas dan sedang mengincar masa jabatan ketiga yang langka sebagai pemimpin negara itu.

Masyarakat mulai mengantri di TPS beberapa jam sebelum mereka diizinkan masuk pada pukul 7 pagi di 21 negara bagian pertama yang mengadakan pemungutan suara, mulai dari pegunungan Himalaya hingga Kepulauan Andaman yang tropis. Hampir 970 juta pemilih lebih dari 10 populasi dunia akan memilih 543 anggota majelis rendah Parlemen selama lima tahun selama pemilu yang berlangsung hingga 1 Juni. Suara akan dihitung pada 4 Juni.

Pemilu ini dipandang sebagai salah satu pemilu paling penting dalam sejarah India dan akan menguji batas dominasi politik Modi.

Jika Modi menang, ia akan menjadi pemimpin India kedua yang mempertahankan kekuasaan untuk masa jabatan ketiga, setelah Jawaharlal Nehru, perdana menteri pertama negara itu.

Sebagian besar jajak pendapat memperkirakan kemenangan Modi dan Partai nasionalis Hindu Bharatiya Janata, yang menentang aliansi oposisi luas yang dipimpin oleh Kongres Nasional India dan partai-partai regional yang kuat.

Tidak jelas siapa yang akan memimpin India jika aliansi oposisi, yang disebut INDIA, memenangkan pemilu. Lebih dari 20 partainya belum mengajukan calon.

BJP menguasai sebagian besar wilayah utara dan tengah India yang berbahasa Hindi, namun kini berusaha mendapatkan pijakan di wilayah timur dan selatan. Tantangan terberat mereka adalah di negara bagian Tamil Nadu di bagian selatan, yang memiliki 39 kursi, tempat pemungutan suara diadakan pada hari Jumat.

Para pemilih di Chennai, ibu kota negara bagian yang panas dan lembab, mulai memenuhi hampir 4.000 tempat pemungutan suara di kota itu. Beberapa dari mereka mengatakan mereka memilih perubahan dalam pemerintahan federal mengingat kenaikan harga, pengangguran dan polarisasi agama yang dipicu oleh BJP.

Hal pertama yang saya pilih adalah memiliki negara tanpa ketidakharmonisan agama. Di Tamil Nadu Hindu, Muslim, Kristen, kita semua bersama. Dan persatuan ini harus tumbuh, kata Mary Das, 65 tahun, yang sedang menunggu pemungutan suara.

P. Chidambaram, seorang pemimpin partai oposisi di Kongres dan mantan menteri keuangan negara tersebut, mengatakan bahwa masyarakat Tamil Nadu tidak akan memilih BJP karena mereka menerapkan satu bahasa, satu budaya, satu sistem dan satu jenis makanan.

BJP telah lama berjuang untuk memperoleh suara di negara bagian tersebut, di mana dua partai regional yang kuat Dravida Munnetra Kazhagam dan All India Anna Dravida Munnetra Kazhagam mendominasi. BJP mendapatkan hasil kosong pada tahun 2019, dan memenangkan satu kursi pada tahun 2014.

Di Rajasthan, masyarakat yang kembali dari tempat pemungutan suara menutupi kepala mereka dari angin yang berdebu.

Kalau pemerintahan baru mampu mengatasi pengangguran, maka itu bagus. Orang-orang bermigrasi dari wilayah ini untuk mencari nafkah, kata Atinder Singh, 26 tahun.

Pemungutan suara juga dilakukan di negara bagian Manipur di bagian timur laut, tempat terjadinya perang saudara selama setahun yang telah memicu kekerasan etnis. Massa mengamuk di desa-desa dan membakar rumah-rumah, dan lebih dari 150 orang terbunuh.

Pemilu ini diadakan setelah satu dekade kepemimpinan Modi, di mana BJP telah mengkonsolidasikan kekuasaan melalui kombinasi politik yang mengutamakan Hindu dan pembangunan ekonomi.

Modi telah meningkatkan retorika nasionalis Hindu dalam kampanyenya, dan berusaha menampilkan dirinya sebagai pemimpin global. Para menterinya menyebut dia sebagai pengurus, sementara para pendukungnya merayakan janji kampanyenya untuk menjadikan India sebagai negara maju pada tahun 2047, ketika negara itu memperingati 100 tahun kemerdekaannya.

Meskipun perekonomian India merupakan salah satu negara dengan pertumbuhan tercepat di dunia, banyak masyarakatnya yang menghadapi kesulitan ekonomi yang semakin besar. Aliansi oposisi berharap dapat memanfaatkan hal ini, dengan berupaya menggalang dukungan pemilih terhadap isu-isu seperti tingginya pengangguran, inflasi, korupsi, dan rendahnya harga pertanian yang telah memicu protes petani selama dua tahun.

Pihak oposisi dan kritikus juga memperingatkan bahwa Modi semakin tidak liberal. Mereka menuduh Modi menggunakan otoritas pajak dan polisi untuk melecehkan oposisi, dan mereka khawatir masa jabatan ketiga akan merusak demokrasi India. Politik nasionalis Hindu yang diusungnya, menurut mereka, telah melahirkan intoleransi dan mengancam akar sekuler negara tersebut.

Modi memiliki pola pikir yang sangat otoriter. Dia tidak percaya pada demokrasi. Dia tidak percaya pada Parlementerisme, kata Christophe Jaffrelot, ilmuwan politik yang menulis tentang Modi dan sayap kanan Hindu.

Modi menegaskan bahwa komitmen India terhadap demokrasi tidak berubah. Ia mengatakan pada pertemuan KTT Demokrasi di New Delhi pada bulan Maret bahwa India tidak hanya memenuhi aspirasi 1,4 miliar penduduknya, namun juga memberikan harapan kepada dunia bahwa demokrasi memberikan dan memberdayakan.

Pemimpin India, yang menikmati popularitas besar, kali ini menargetkan dua pertiga mayoritas.

BJP berharap kemenangan besar ini didukung oleh program kesejahteraan populernya, yang dikatakan telah meningkatkan akses terhadap toilet bersih, layanan kesehatan dan gas untuk memasak, serta menyediakan gandum gratis kepada masyarakat miskin. Langkah-langkah seperti pembangunan kuil kontroversial untuk Ram di lokasi masjid yang dibongkar, dan penghapusan wilayah bekas otonomi Kashmir yang mayoritas penduduknya Muslim, mungkin akan diterima oleh para pendukung yang memujinya sebagai pendukung mayoritas Hindu.

Partai mana pun yang kembali untuk masa jabatan ketiga, dan dengan mayoritas yang besar, merupakan prospek yang menakutkan bagi demokrasi, kata Arati Jerath, seorang komentator politik.

Pada dua masa jabatan Modi, kebebasan sipil di India mendapat serangan, dan pada saat yang sama menerapkan kebijakan yang diskriminatif, menurut para kritikus. Protes damai telah dihancurkan dengan kekerasan. Pers yang dulunya bebas dan beragam kini terancam, kekerasan meningkat terhadap minoritas Muslim, dan lembaga-lembaga pemerintah telah menangkap politisi oposisi dalam kasus dugaan korupsi.

BJP membantah kebijakannya diskriminatif dan mengatakan bahwa kebijakannya menguntungkan seluruh rakyat India.

Topik Menarik