Negara Anggota Uni Eropa Ketar-ketir Ada 53 Masjid 'Bawah Tanah'

Negara Anggota Uni Eropa Ketar-ketir Ada 53 Masjid 'Bawah Tanah'

Berita Utama | sindonews | Sabtu, 20 April 2024 - 15:00
share

Badan keamanan Italia memantau 53 masjid “tidak resmi” di Roma, karena khawatir akan radikalisasi dan terorisme, menurut laporan berita.

Ruang salat yang tersedia semakin menjamur seiring bertambahnya jumlah imigran Muslim di ibu kota Italia.

Masjid-masjid itu dibuka di gudang, garasi, apartemen, dan ruang bawah tanah. Pihak berwenang menoleransi praktik-praktik tersebut, meskipun beberapa di antaranya secara teknis ilegal.

“Tempat-tempat ibadah yang tersembunyi ini adalah tempat di mana radikalisasi mengintai dan di mana, dengan menyamar di antara umat beriman, para serigala yang sering menjadi martir dalam perang suci bersembunyi,” ungkap surat kabar ll Tempo melaporkan pada Jumat (19/4/2024).

“Jumlah masjid bawah tanah yang diawasi meningkat hampir dua kali lipat dari 30 masjid pada satu dekade lalu,” tulis surat kabar tersebut, mengutip laporan Kementerian Dalam Negeri Italia.

Jumlah total tempat ibadah yang tidak terdaftar mungkin lebih dari 100, menurut outlet tersebut, yang menggambarkan Roma sebagai “ibu kota Islam yang semakin meningkat.”

Situasi ini tampaknya tidak hanya terjadi di Roma. Jurnalis yang menyamar dari program berita Fuori dal Coro baru-baru ini mengunjungi beberapa masjid bawah tanah di Milan, selama bulan suci Ramadan, memproduksi film dokumenter berjudul “Imigran dan Kekerasan, Umat Muslim yang Membenci Italia.”

Baca juga: Menteri Israel Dikecam karena Tweet Serangan ke Iran 'Cacat'

Salah satu pria tersebut, yang digambarkan sebagai “Islamis radikal,” mengatakan dalam Al-Quran tertulis bahwa umat Islam akan “mengusir orang-orang Yahudi.”

Dia juga percaya umat Islam akan segera menaklukkan Barat, dimulai dari Italia karena Italia “memiliki hati yang baik” dan “sangat dekat dengan Islam.”

“Lihat saja gereja-gerejanya, beberapa orang lanjut usia, lima orang di sini, lima orang di sana,” ujar pria tersebut kepada wartawan.

Populasi penduduk asli Italia semakin menua, dan pada tahun 2023, usia rata-rata adalah 47,7 tahun, serta tingkat kesuburan total di negara tersebut hanya 1,3.

Italia juga menjadi salah satu pintu masuk utama bagi para imigran yang menuju ke Uni Eropa (UE) dari Afrika dan Asia, banyak di antaranya berasal dari negara-negara mayoritas Muslim.

Perdana Menteri Italia Giorgia Meloni berkampanye dengan janji menindak migrasi, namun sejak itu dia sepenuhnya menerima kebijakan UE yang secara efektif mendorong pencari suaka.

Awal bulan ini, polisi Italia menahan seorang tersangka anggota kelompok teroris Negara Islam Khorasan (ISIS-K) dalam perjalanan dari Belanda.

Ilkhomi Sayrakhmonzoda, warga negara Tajikistan, dicari Interpol karena diduga terlibat dalam perencanaan serangan teroris di UE.

ISIS-K mengaku bertanggung jawab atas serangan teroris bulan lalu di tempat konser Balai Kota Crocus di luar Moskow.

Warga negara Tajikistan merupakan sebagian besar tersangka yang ditangkap pihak berwenang Rusia, yang juga sedang menyelidiki potensi keterlibatan Ukraina.

Topik Menarik