AS akan Tarik 1.000 Tentara dari Niger dalam Beberapa Bulan Lagi

AS akan Tarik 1.000 Tentara dari Niger dalam Beberapa Bulan Lagi

Global | sindonews | Sabtu, 20 April 2024 - 12:30
share

Amerika Serikat (AS) akan menarik 1.000 personel militer AS dari Niger dalam beberapa bulan mendatang, menurut laporan New York Times.

Laporan tersebut mengatakan pada Jumat (19/4/2024) bahwa pemerintah AS telah memberi tahu pemerintah transisi di Niger tentang rencana tersebut.

Menurut Washington Post, Wakil Menteri Luar Negeri AS Kurt Campbell bertemu dengan perdana menteri Niger pada hari sebelumnya dan menerima permintaan pemerintah.

Laporan tersebut mencatat langkah ini akan mengubah postur kontraterorisme Amerika Serikat di negara Afrika Barat itu.

Bulan lalu, juru bicara militer Niger mengatakan pemerintahan transisi negara tersebut, yang mengambil alih kekuasaan pada bulan Juli lalu, segera mengakhiri perjanjian militer tersebut, dengan alasan kepentingan rakyat Niger.

Kementerian Dalam Negeri Niger baru-baru ini mengatakan Amerika Serikat telah berjanji mengajukan rencana “pelepasan” pasukan dari negara Afrika Barat tersebut setelah Niamey mengakhiri perjanjian militernya dengan Washington.

Pernyataan tersebut dipublikasikan di media sosial setelah Menteri Dalam Negeri Niger Mohamed Toumba menjamu Duta Besar AS Kathleen FitzGibbon untuk melakukan pembicaraan pada hari sebelumnya.

Baca juga: Menteri Israel Dikecam karena Tweet Serangan ke Iran 'Cacat'

Topik Menarik