Deretan Sanksi Baru AS ke Iran, Salah Satunya Melemahkan Perekonomian

Deretan Sanksi Baru AS ke Iran, Salah Satunya Melemahkan Perekonomian

Global | sindonews | Kamis, 18 April 2024 - 22:22
share

Amerika Serikat telah memperingatkan akan menjatuhkan sanksi baru terhadap Iran menyusul serangan yang belum pernah terjadi sebelumnya terhadapIsrael.

Menteri Keuangan AS Janet Yellen mengatakan sanksi baru terhadap Teheran – yang dapat difokuskan pada pengurangan kapasitas negara tersebut untuk mengekspor minyak – akan diterapkan dalam beberapa hari ke depan. Anggota Kongres dari Partai Republik juga sedang mempertimbangkan serangkaian rancangan undang-undang mengenai Iran.

Deretan Sanksi Baru AS ke Iran

1. Melarang Semua Perdagangan AS dan Iran

Foto/Reuters

Sanksi Washington terhadap Iran sudah melarang hampir semua perdagangan AS dengan negara tersebut, memblokir aset pemerintah di AS dan melarang bantuan luar negeri dan penjualan senjata AS. Itu diungkap Congressional Research Service (CRS).

Ribuan orang dan perusahaan, baik Iran maupun asing, telah menjadi sasaran program sanksi karena Washington berupaya membatasi pemerintah Iran dan mengubah perilakunya, kata CRS dalam sebuah laporan tahun lalu.

Kekhawatiran AS mencakup program nuklir Iran, pelanggaran hak asasi manusia, dan dukungannya terhadap kelompok yang dianggap AS sebagai teroris.

“Sanksi AS terhadap Iran bisa dibilang merupakan rangkaian sanksi paling luas dan komprehensif yang diterapkan AS terhadap negara mana pun,” kata CRS.

2. Fokus pada Perusahaan dan Pemodal Iran

Foto/Reuters

Peter Harrell, mantan pejabat Dewan Keamanan Nasional, mengatakan opsi AS untuk sanksi lebih lanjut termasuk menargetkan aliran minyak Iran dan memainkan permainan “Whac-A-Mole” yang lebih agresif untuk menyerang perusahaan-perusahaan dan pemodal Iran.

Salah satu langkah yang paling signifikan adalah Washington meminta Uni Eropa dan sekutu Barat lainnya untuk menjatuhkan sanksi multilateral terhadap Teheran, katanya, karena sebagian besar sanksi yang diterapkan terhadap Iran saat ini adalah tindakan AS.

Mantan Presiden Donald Trump menerapkan kembali sanksi AS yang dilonggarkan berdasarkan kesepakatan internasional mengenai program nuklir Teheran ketika ia menarik diri pada tahun 2018.

“Kita harus realistis bahwa dari sudut pandang AS, meski selalu ada lebih banyak sanksi yang bisa diterapkan, kita berada di dunia yang tekanan ekonominya semakin berkurang karena kita sudah menerapkan begitu banyak sanksi,” kata Harrell.

Baca Juga: 4 Senjata Pertahanan Iran dalam Menghadapi Potensi Serangan Balasan Israel

3. Pengawasan Akan Diperluas

Foto/Reuters

Para pemimpin Partai Republik di DPR menuduh Presiden Joe Biden gagal menegakkan tindakan yang ada dan mengatakan mereka akan mengambil serangkaian rancangan undang-undang untuk mempertajam sanksi terhadap Iran.

Diantaranya adalah undang-undang yang akan meningkatkan pengawasan kongres terhadap keringanan sanksi, memperketat pembatasan ekspor barang dan teknologi Amerika ke Iran dan mengharuskan pemerintah untuk memastikan pengecualian kemanusiaan terhadap sanksi tersebut tidak memfasilitasi tindakan terorisme atau proliferasi senjata pemusnah massal. .

Belum ada indikasi kapan, jika ada, tindakan tersebut akan menjadi undang-undang, yang memerlukan persetujuan Senat yang dipimpin Partai Demokrat dan tanda tangan Presiden Demokrat Joe Biden.

DPR pada Senin malam secara mayoritas meloloskan rancangan undang-undang yang disebut Undang-Undang Sanksi Energi Iran-Tiongkok, yang akan memperluas sanksi terhadap Iran dengan mewajibkan laporan tahunan untuk menentukan apakah lembaga keuangan Tiongkok telah berpartisipasi dalam transaksi minyak Iran. Perjanjian ini akan melarang lembaga-lembaga keuangan AS memiliki rekening di entitas Tiongkok mana pun yang terlibat dalam kesepakatan tersebut.

RUU tersebut menghadapi masa depan yang tidak pasti di Senat.

Senat yang dipimpin Partai Demokrat dapat mempertimbangkan undang-undangnya sendiri. Komite Hubungan Luar Negeri Senat mengesahkan rancangan undang-undang pada hari Selasa yang akan memberlakukan tindakan terhadap pelabuhan dan kilang asing yang memproses minyak yang diekspor dari Iran yang melanggar sanksi AS, setelah rancangan undang-undang pendamping disahkan tahun lalu di DPR.

Pemerintahan Biden telah menjatuhkan sanksi terhadap ratusan orang dan entitas dalam tindakan terkait Iran sejak tahun 2021.

4. Menghambat Program Nuklir Iran

Foto/Reuters

Sanksi AS terhadap Iran menargetkan kemampuan nuklir, sektor energi dan pertahanan, pejabat pemerintah, bank, dan aspek ekonomi Iran lainnya:

AS telah menjatuhkan sanksi terhadap Organisasi Energi Atom Iran dan perusahaan lain yang dikatakan terkait dengan program nuklir Iran, serta puluhan bank, termasuk Bank Sentral Iran.

Washington juga telah menargetkan Perusahaan Minyak Nasional Iran, Kementerian Perminyakan dan lainnya dalam upaya membendung pendapatan yang diterima Iran dari sektor energinya, dan telah menargetkan perusahaan-perusahaan di luar Iran – termasuk di Tiongkok dan Uni Emirat Arab – terkait perdagangan petrokimia Iran. dan petroleum meskipun ada sanksi AS.

AS telah menjatuhkan beberapa rangkaian sanksi terhadap Korps Garda Revolusi Iran (IRGC), Pasukan Quds di luar negeri, dan Kementerian Pertahanan dan Logistik Angkatan Bersenjata, serta orang-orang dan entitas yang dikatakan terkait dengan mereka. Washington telah menetapkan IRGC dan Pasukan Quds sebagai Organisasi Teroris Asing.

Pejabat pemerintah Iran, termasuk Presiden Ebrahim Raisi, telah menjadi sasaran.

Topik Menarik