Banjir Bandang Tewaskan Lebih 100 Orang di Pakistan dan Afghanistan

Banjir Bandang Tewaskan Lebih 100 Orang di Pakistan dan Afghanistan

Global | sindonews | Rabu, 17 April 2024 - 21:57
share

Pihak berwenang di Pakistan dan Afghanistan mengatakan bahwa curah hujan yang tinggi di luar musim, petir dan banjir di kedua negara tetangga tersebut telah menewaskan sedikitnya 100 orang selama beberapa hari terakhir.

Juru bicara Otoritas Manajemen Bencana Nasional Afghanistan mengatakan banjir telah menyebabkan kerugian jiwa dan material di 13 dari 34 provinsi di negara itu.

Janan Saiq melaporkan, bencana tersebut mengakibatkan hampir 50 orang meninggal dunia, puluhan luka-luka, dan hilangnya ratusan hewan ternak.

Kantor PBB untuk Koordinasi Urusan Kemanusiaan di Afghanistan mengatakan pada hari Selasa bahwa hujan lebat dan banjir baru-baru ini telah berdampak pada lebih dari 1.200 keluarga dan merusak hampir 1.000 rumah dan setidaknya 25.000 hektar lahan pertanian.

Pernyataan tersebut mencatat bahwa PBB dan mitranya sedang menilai dampak dan kebutuhan terkait serta memberikan bantuan.

Baca Juga: Cegah Serangan Teror Idulfitri, Pakistan Kerahkan 100.000 Polisi dan Tentara

Badan meteorologi Afghanistan memperkirakan curah hujan yang lebih lebat diperkirakan akan terjadi di sebagian besar provinsi.

Afghanistan yang dilanda kemiskinan belum pulih dari kehancuran akibat konflik dan bencana alam selama bertahun-tahun, termasuk banjir, kekeringan, dan gempa bumi.

Pada Oktober lalu, serangkaian gempa bumi mengguncang Herat bagian barat dan provinsi sekitarnya, menewaskan sekitar 1.500 orang.

Pada Selasa (16/4/2024), pemerintah federal dan provinsi Pakistan melaporkan bahwa lebih dari 50 orang tewas akibat hujan lebat, banjir bandang, petir, badai dan tanah longsor.

Sebagian besar korban jiwa terjadi di provinsi barat laut Khyber Pakhtunkhwa, yang berbatasan dengan Afghanistan, dan provinsi Punjab tengah. Para pejabat mengatakan sedikitnya 42 orang tewas di kedua provinsi tersebut, dan banyak lagi yang terluka.

Provinsi Baluchistan barat daya dan wilayah lain di Pakistan telah melaporkan sisa korban jiwa dan kerugian rumah, serta lahan pertanian.

Melansir VOA, Otoritas Nasional Penanggulangan Bencana telah menyarankan layanan darurat untuk tetap waspada, karena hujan lebat diperkirakan akan terjadi lagi pada akhir pekan ini.

Para pejabat menyalahkan perubahan iklim sebagai penyebab hujan lebat yang tidak biasa di Pakistan.

Meskipun negara di Asia Selatan, dengan perkiraan populasi 250 juta jiwa, menyumbang kurang dari 1 terhadap emisi gas rumah kaca global, negara ini terdaftar sebagai salah satu negara yang paling rentan terhadap dampak perubahan iklim.

Pakistan mengalami banjir besar pada tahun 2022 akibat curah hujan dan banjir musiman yang lebat, yang mengakibatkan sedikitnya 1.700 kematian, berdampak pada 33 juta orang dan menenggelamkan sekitar sepertiga wilayah negara tersebut.

Setelah mengunjungi daerah-daerah yang dilanda banjir pada tahun 2022, Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres mengatakan masyarakat Pakistan “menghadapi musim hujan yang menggunakan steroid – dampak yang tiada henti dari curah hujan dan banjir dalam jumlah besar.”

Guterres mengkritik kurangnya tindakan iklim, meskipun emisi gas rumah kaca global meningkat.

“Mari kita berhenti berjalan dalam tidur menuju kehancuran planet kita akibat perubahan iklim. Hari ini adalah Pakistan. Besok, itu bisa menjadi negara Anda,” katanya.

Topik Menarik