Israel Rilis Video Propaganda Serangan Iran, Pakai Rekaman Rudal Rusia 7 Tahun Lalu

Israel Rilis Video Propaganda Serangan Iran, Pakai Rekaman Rudal Rusia 7 Tahun Lalu

Global | sindonews | Senin, 15 April 2024 - 07:05
share

Militer Israel tampaknya memasukkan rekaman peluncuran rudal Grad Rusia berusia tujuh tahun ke dalam kompilasi yang menunjukkan serangan rudal dan drone Iran yang diluncurkan terhadap negara Zionis tersebut pada akhir pekan.

Video propaganda Israel tersebut, yang diposting di X dengan teks “Realitas Israel dalam beberapa jam terakhir,” telah membuat banyak orang terkejut di dunia maya.

Meskipun sebagian besar potongan rekaman menunjukkan rudal terbang di atas wilayah Israel dalam semalam, beberapa detik terakhir tidak ada hubungannya dengan Israel atau Iran, melainkan rekaman peluncuran sistem roket Grad Rusia yang diposting di YouTube pada tahun 2017.

Perbedaan ini diketahui pengguna X Mohammed Zubair, yang menyuarakan protesnya dalam postingan dan menyatakan fragmen tersebut mungkin sebenarnya sudah ada sejak tahun 2014.

IDF belum menanggapi klaim pengguna tersebut.

Netizen berbeda pendapat mengenai temuan Zubair, beberapa memuji keterampilannya dalam memeriksa fakta, sementara yang lain menunjukkan fakta bahwa klip IDF lebih bersifat propaganda dan tidak diklaim sebagai rekaman resmi.

Teheran menembakkan lebih dari 300 rudal dan drone kamikaze ke Israel semalam pada Sabtu, menurut perkiraan IDF.

Serangan itu terjadi sebagai balasan atas serangan udara terhadap konsulat Iran di Damaskus, Suriah awal bulan ini yang menewaskan beberapa pejabat tinggi militer Iran. Teheran menyalahkan serangan itu pada Israel.

Mayoritas rudal Iran dikatakan telah ditembak jatuh sebelum mencapai wilayah udara Israel. Namun, rekaman serangan udara yang belum diverifikasi dan beredar secara online konon menunjukkan beberapa proyektil mengenai sasaran di darat di Israel.

Times of Israel melaporkan Israel belum memutuskan apakah akan menanggapi serangan Iran atau bagaimana mereka akan melakukannya.

Namun, Teheran sebelumnya memperingatkan Israel agar tidak mengambil tindakan pembalasan apa pun, karena mereka akan menghadapi respons yang “jauh lebih luas”.

Baca juga: Melawan Serangan Iran Semalam Merugikan Israel Sebesar Rp22 Triliun

Topik Menarik