Eskalasi Perang Israel dan Iran Tergantung AS, Mengapa?

Eskalasi Perang Israel dan Iran Tergantung AS, Mengapa?

Global | sindonews | Minggu, 14 April 2024 - 20:15
share

Eskalasi perang antara Israel dan Iran tidak bergantung dengan niat kedua negara. Tetapi, semua tergantung dengan niat dan tujuan Amerika Serikat (AS).

Mouin Rabbani, salah satu editor publikasi online Jadaliyya, mengatakan bahwa AS dapat berusaha meredakan ketegangan di kawasan atau terus memberikan “kebebasan” kepada Israel untuk melakukan apa pun yang diinginkannya.

“Ini semua terkait langsung dengan serangan genosida Israel di Jalur Gaza,” kata Rabbani kepada Al Jazeera.

“Dan selama Amerika Serikat menolak untuk mengatakan ‘jangan’ kepada Israel dan mengakhirinya, kemungkinan eskalasi regional lebih lanjut – yang secara konsisten Amerika katakan sedang mereka coba cegah – menjadi sangat nyata.”

Baca Juga: Kemlu RI Terus Pantau Eskalasi Perang Iran dan Israel

Washington mengatakan menghindari perluasan perang adalah salah satu prioritas utamanya, namun pemerintahan Biden telah menolak seruan gencatan senjata permanen di Gaza.

Sementara itu, para analis mengungkapkan selama beberapa jam terakhir mengatakan bahwa serangan Iran tampaknya telah dikalkulasi dengan hati-hati, agar tidak menimbulkan banyak kerusakan sehingga meningkatkan situasi menjadi konflik yang lebih luas.

Apa yang kita lihat di Israel adalah kerusakan yang terjadi relatif kecil. Sejauh ini, kerusakan telah dilaporkan terjadi di sebuah pangkalan udara di selatan dan hanya sedikit korban jiwa dan tidak ada korban jiwa yang dikonfirmasi.

Artinya, ada ujian lain bagi Israel. Tesnya adalah – apa tanggapannya?

Kabinet perang Israel telah diberi wewenang untuk menanggapi Iran dengan cara tertentu. Namun apakah pembalasan tersebut juga akan diperhitungkan dengan cermat? Dan apa yang akan dikatakan AS kepada Israel? Apakah ia akan mengatakan, mengurangi respons tersebut, dan mengatakan kepada semua orang yang terlibat, 'Sudah cukup, mari kita tenangkan diri'?

Topik Menarik