Vatikan Kecam Operasi Mengubah Jenis Kelamin dan Ibu Pengganti, Dianggap Ancam Martabat Manusia

Vatikan Kecam Operasi Mengubah Jenis Kelamin dan Ibu Pengganti, Dianggap Ancam Martabat Manusia

Global | okezone | Selasa, 9 April 2024 - 06:24
share

VATIKAN Vatikan pada Senin (8/4/2024) mengecam operasi yang menegaskan gender dan apa yang disebutnya teori gender karena menyerah pada godaan kuno untuk menjadikan diri sendiri sebagai Tuhan.

Semua upaya untuk mengaburkan referensi terhadap perbedaan seksual yang tidak dapat dihilangkan antara laki-laki dan perempuan harus ditolak, bantah Vatikan dalam dokumen yang sangat dinanti-nantikan berjudul Martabat Tak Terbatas.

Kantor doktrin Vatikan mengeluarkan dokumen tersebut setelah lima tahun dikembangkan. Paus Fransiskus memerintahkan publikasi pesan tersebut dan menyetujui isinya bulan lalu.

Dalam dokumen tersebut, gereja menegaskan bahwa mengubah jenis kelamin seseorang, termasuk melalui operasi, berisiko mengancam martabat unik yang telah diterima seseorang sejak saat pembuahan.

Seperti diketahui, Paus Fransiskus telah menonjolkan kepausannya dengan menjangkau komunitas LGBTQ+ dan memberkati pernikahan sesama jenis.

Dokumen yang dirilis pada Senin (8/4/2024) mencatat penolakan gereja terhadap diskriminasi berdasarkan seksualitas, dengan mengatakan hal ini harus dikecam karena bertentangan dengan martabat manusia, fakta bahwa, di beberapa tempat, tidak sedikit orang yang dipenjara, disiksa, dan bahkan dirampas hak hidupnya semata-mata karena orientasi seksual mereka.

Namun, momen tersebut menandai momen yang menyakitkan bagi umat Katolik LGBTQ+. New Ways Ministry, sebuah organisasi yang mengadvokasi umat Katolik LGBTQ+, mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa dokumen Vatikan sangat gagal dalam menawarkan martabat manusia yang tidak terbatas kepada transgender dan non-biner, tetapi terbatas.

Topik Menarik