Mengapa Israel Membelokkan Perang ke Iran?

Mengapa Israel Membelokkan Perang ke Iran?

Global | sindonews | Senin, 8 April 2024 - 22:22
share

Pada tanggal 1 April, roket yang ditembakkan oleh Israel merobek wilayah udara Suriah dan menghantam kantor konsuler Kedutaan Besar Iran di Damaskus, menewaskan 13 orang. Itu memicu perang langsung antara Israel dan Iran.

Di antara mereka yang tewas adalah Mohammad Reza Zahedi, komandan Pasukan Quds Korps Garda Revolusi Islam di Lebanon dan Suriah, menjadikannya anggota IRGC berpangkat tertinggi yang terbunuh sejak AS membunuh Qassem Soleimani di Irak pada Januari 2020. Wakil Zahedi, Hadi Haji Rahimi, juga tewas dalam serangan itu.

Setelah kejadian itu, Iran dan Hizbullah mengatakan bahwa Israel akan membayar mahal atas pembunuhan komandan IRGC.

Rezim jahat Zionis akan dihukum oleh orang-orang kita yang berani. Kami akan membuat mereka menyesali hal ini dan kejahatan serupa lainnya, kata pemimpin tertinggi Iran, Ayatollah Ali Khamenei.

Kejahatan ini menunjukkan bahwa musuh Israel masih bodoh ketika mereka percaya bahwa melikuidasi para pemimpinnya dapat menghentikan gelombang perlawanan rakyat. Tentu saja, kejahatan ini tidak akan berlalu tanpa musuh menerima hukuman dan balas dendam, kata Hizbullah dalam pernyataan yang dirilis keesokan harinya.

Mengapa Israel Membelokkan Perang ke Iran?

1. Provokasi Israel Sudah Berlangsung Lama

Foto/AP

Meskipun ada retorika yang dilontarkan oleh Teheran dan Hizbullah, para analis tidak begitu yakin bahwa respons terhadap pembunuhan tersebut akan sebesar yang terlihat oleh keduanya.

Mereka telah menghapus seluruh pencegahan yang terkait dengan Iran. Hanya sedikit batasan yang tersisa di sana, khususnya sehubungan dengan serangan semacam itu, kata Mohanad Hage Ali, wakil direktur penelitian di Carnegie Middle East Center di Beirut, kepada The New Arab.

Meskipun Zahedi mungkin merupakan tokoh IRGC berpangkat tertinggi yang terbunuh sejak Soleimani, ia bukan satu-satunya pemimpin penting yang dibunuh sejak pertempuran antara Hizbullah dan Israel dimulai pada 8 Oktober, sehari setelah Hamas melancarkan Operasi Banjir al-Aqsa.

Pada tanggal 25 Desember 2023, Razi Mousavi, yang digambarkan sebagai komandan Iran paling berpengaruh di Suriah, tewas dalam serangan Israel di pinggiran Damaskus.

Hanya beberapa minggu kemudian, di Khirbet Slem, di Lebanon selatan, Wissam Tawil terbunuh setelah sebuah bom dipasang di bawah mobilnya. Tawil menjabat sebagai komandan senior di Pasukan Radwan elit Hizbullah, sebuah unit operasi khusus yang diberi nama sesuai dengan nama orang kedua yang dibunuh di partai tersebut, Imad Mughniyeh, dan merupakan komandan tertinggi Hizbullah yang terbunuh dalam beberapa tahun.

Di luar Iran dan Hizbullah, Saleh al-Arouri, salah satu komandan pendiri sayap militer Hamas, Brigade Izz ad-Din al-Qassam, dibunuh di pinggiran selatan Beirut pada tanggal 2 Januari, hingga terbunuhnya Marwan Issa di Gaza bulan lalu adalah pemimpin Hamas paling signifikan yang dibunuh oleh Israel sejak 7 Oktober.

Di masa lalu, serangan-serangan Israel seperti itu akan menjadikan respons besar-besaran Hizbullah dari Lebanon selatan sebagai cara untuk memastikan bahwa Israel tidak melakukan tindakan lebih jauh, atau hal ini akan menimbulkan risiko perang skala penuh yang akan sangat merugikan semua pihak yang terlibat. .

Namun, sejak putaran pertempuran baru-baru ini dimulai, Hizbullah hanya melakukan serangan roket besar-besaran ke posisi militer Israel di sepanjang perbatasan Lebanon-Israel sesuatu yang di tengah konflik yang sudah panas gagal menjamin adanya pencegahan.

Milisi yang didukung Iran di Irak juga telah menargetkan posisi militer AS di wilayah tersebut tetapi serangan ini pada dasarnya telah berakhir setelah tentara AS terbunuh dalam serangan pesawat tak berawak di pangkalan Tower 22 di Yordania, yang mengarah pada pembalasan militer AS yang menewaskan Mushtaq Jawad Kazim al-Jawari, kepala Harakat al-Nujaba, yang menurut AS berada di balik serangan itu.

Menurut Hage Ali, baik Hizbullah maupun Iran tidak benar-benar mampu merespons dengan cara yang berarti tanpa eskalasi yang berisiko mengarah pada perluasan konflik yang akan bertentangan dengan apa yang telah dikatakan Iran dan Hizbullah sejak awal. Itu tentang tidak menginginkan perang skala penuh dan tetap berada di front dukungan untuk Hamas di Gaza.

"Yang jelas adalah status quo tidak dapat dipertahankan. Iran dan Hizbullah mengalami pendarahan akibat keputusan mereka untuk terlibat dalam perang terbatas melawan Israel. Mereka perlu mengambil keputusan"

Rezim Iran telah menelan pil yang lebih besar dari itu dan melanjutkan, kata Hage Ali.

3. Iran Setengah Hati Berperang Melawan Israel

Foto/AP

Firas Maksad, peneliti senior di Middle East Institute di Washington DC, setuju dengan penilaian Hage Ali, dan menambahkan bahwa Iran dapat merencanakan respons di kemudian hari, namun hal tersebut tidak akan pernah membuahkan hasil.

Iran harus menerima hal ini setidaknya di masa mendatang. Responsnya kemungkinan besar akan tetap menggunakan modus operandi Iran, yaitu perang asimetris, dengan menggunakan berbagai proksi dan formasi milisi sekutu di seluruh wilayah, kata Maksad kepada The New Arab.

Mungkin ada perencanaan jangka panjang mengenai responsnya, tapi ini mungkin serupa dengan pembunuhan Qassem Soleimani oleh Amerika Serikat di mana terdapat respons yang sangat dijanjikan pada saat ada serangan rudal namun, dalam skema yang lebih besar. banyak hal, itu berlalu. Ini mungkin juga akan berlalu.

Menurut Maksad, serangan Israel terhadap konsulat Iran di Damaskus mungkin lebih dari sekadar membunuh komandan tingkat tinggi IRGC.

Sejak Musim Semi tahun 2023, terdapat kesepahaman informal antara Iran dan Pemerintahan Biden di mana pemerintah Iran memastikan bahwa pengayaan uraniumnya tidak melebihi 60 persen dan, sebagai imbalannya, akan membantu meminimalkan ketegangan regional.

Semuanya berakhir pada 7 Oktober.

4. Selalu Ada Jalan Mediasi

Foto/AP

Pembunuhan tentara AS di pangkalan Menara 22 juga hampir membuat keadaan menjadi kacau, namun, dengan bantuan pihak Oman, krisis yang lebih besar dapat dihindari.

Namun, seperti halnya perjanjian nuklir tahun 2015 yang ditengahi antara Iran dan Pemerintahan Obama, Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu dengan tegas menentang segala bentuk kesepahaman antara pendukung utama dan musuh bebuyutannya.

Yang diincar Bibi Netanyahu di sini bukan hanya Iran, jelas Maksad. Saya rasa Netanyahu tidak merasa nyaman dengan kesepahaman yang telah terjadi antara Iran dan Pemerintahan Biden.

Serangan berulang-ulang yang menargetkan para pemimpin penting Iran dan Hizbullah pada akhirnya dapat membantu menghilangkan pemahaman informal antara Iran dan AS karena, bagi Iran, hal ini tidak lagi berhasil, kata Maksad kepada TNA.

Jelas ada pengekangan oleh proksinya. Proksi Irak telah ditarik kembali. Hizbullah terkekang. Kelompok Houthi tidak menyebabkan banyak kerusakan. Tapi itu terus menerima pukulan. Netanyahu mengambil keuntungan penuh dari pengekangan Iran, katanya, seraya menambahkan bahwa hal ini dapat mendorong Iran melampaui ambang batas penderitaan yang dapat terus mereka tanggung dan menyebabkan runtuhnya pemahaman Iran-Amerika.

Apa yang menjadi titik puncak bagi Iran atau Hizbullah masih belum jelas, karena beberapa serangan Israel dalam enam bulan terakhir sebelumnya dianggap telah melewati batas yang tidak terucapkan.

Dalam pidatonya pada bulan Agustus 2023, Sekretaris Jenderal Hizbullah Hassan Nasrallah membuat garis tegas bagi Israel: setiap pembunuhan di Lebanon akan mengakibatkan pembalasan besar-besaran oleh Hizbullah, tidak peduli siapa yang terbunuh.

Setiap pembunuhan di tanah Lebanon, yang menargetkan warga Lebanon, Suriah, Iran, atau Palestina, akan mendapat respons keras, kata Nasrallah saat itu. Kami tidak akan membiarkan hal ini ditoleransi dan kami tidak akan membiarkan Lebanon menjadi ladang pembunuhan baru bagi Israel.

Meskipun serangan roket besar-besaran Hizbullah sebagai respons terhadap pembunuhan selama enam bulan terakhir dapat diklasifikasikan sebagai serangan kuat, namun serangan tersebut gagal untuk membangun kembali upaya pencegahan antara kedua belah pihak.

5. Tidak Mempertahankan Status Quo

Foto/AP

Baik Hage Ali maupun Maksad berpendapat bahwa tidak ada garis merah yang harus dilewati saat ini mengingat Israel mampu membunuh siapa pun yang diinginkannya tanpa menghadapi konsekuensi serius dari Hizbullah.

Sejauh ini Israel telah melewati begitu banyak garis merah sehingga warnanya tidak ada artinya, kata Hage Ali terus terang. Hal ini membuat Iran dan Hizbullah hanya punya sedikit pilihan.

Salah satu jalan yang bisa mereka ambil adalah jalur diplomatik di mana mediasi internasional, terutama dari Amerika, membantu menemukan cara untuk meredakan konflik antara Hizbullah dan Israel.

Namun, belum ada tanda-tanda bahwa Iran atau Hizbullah tertarik dengan hal ini saat ini.

Pilihan lainnya adalah Iran dan Hizbullah mencoba memulihkan tingkat pencegahan terhadap Israel dengan mengambil risiko peningkatan eskalasi.

Tanpa pencegahan, Israel bisa menjadi cukup berani untuk mengejar target kekayaan bersih yang tinggi seperti Nasrallah atau Naim Qassem [wakil sekretaris jenderal Hizbullah], jelas Maksad.

Yang jelas itu status quo tidak dapat dipertahankan. Iran dan Hizbullah mengalami pendarahan akibat keputusan mereka untuk terlibat dalam perang terbatas melawan Israel. Mereka perlu mengambil keputusan, katanya.

Topik Menarik