Buku Agama Kristen Tertua Laku Terjual Rp60 Miliar

Buku Agama Kristen Tertua Laku Terjual Rp60 Miliar

Global | okezone | Jum'at, 5 April 2024 - 16:32
share

MESIR - Buku agama Kristen tertua Kodeks Crosby-Schyen, ditulis dalam aksara Koptik pada papirus di Mesir , dengan tahun antara 250-350AD, akan dijual pada Juni mendatang

Menurut rumah lelang Christie,buku ini dianggap sebagai salah satu buku tertua yang pernah ada dan bisa terjual hingga USD3,8 juta (Rp60 miliar).

Buku liturgi ini diproduksi di salah satu biara Kristen pertama dan berisi teks lengkap dari dua buku Alkitab.

Teks ini sangat penting sebagai saksi penyebaran awal agama Kristen di sekitar Mediterania, kata Eugenio Donadoni, spesialis senior buku dan manuskrip di Christies.

"Para biarawan paling awal di Mesir Hulu di biara Kristen paling awal menggunakan buku ini untuk merayakan perayaan Paskah paling awal, hanya beberapa ratus tahun setelah Kristus dan hanya sekitar seratus tahun setelah Injil terakhir ditulis, lanjutnya.

Buku ini merupakan bagian dari Papirus Bodmer, kumpulan beberapa teks yang ditemukan pada tahun 1950-an, dan mencakup tulisan-tulisan Kristen, kutipan Alkitab, dan literatur pagan.

Naskah itu sendiri berisi teks-teks termasuk surat lengkap pertama Petrus, Kitab Yunus, dan homili Paskah.

104 halaman, atau 52 lembar ditulis oleh seorang juru tulis pada awal mula agama Kristen, dalam jangka waktu 40 tahun. Buku tersebut merupakan salah satu teks tertua di dunia, kata rumah lelang tersebut.

Topik Menarik