Siapa Oscar Alejandro Perez? YouTuber Venezuela yang Ditangkap selama 32 Jam dalam Kasus Terorisme

Siapa Oscar Alejandro Perez? YouTuber Venezuela yang Ditangkap selama 32 Jam dalam Kasus Terorisme

Global | sindonews | Kamis, 4 April 2024 - 20:20
share

Seorang YouTuber Venezuela yang mengunggah video perjalanan telah dibebaskan setelah ditahan selama 32 jam setelah penangkapannya di bandara Caracas.

Jaksa Agung Venezuela Tarek Saab mengatakan YouTuber Oscar Alejandro Prez yang berbasis di AS telah ditangkap karena video yang diunggahnya tahun lalu.

Saab menuduh bahwa dalam video tersebut, influencer tersebut mendesak untuk meledakkan sebuah gedung keuangan di Caracas.

Setelah dibebaskan, Prez mengatakan dia tidak akan pernah mengganggu ketertiban umum.

YouTuber yang memiliki hampir dua juta pengikut ini mengatakan kalimat yang dirujuk Saab telah diambil di luar konteks.

Dalam video tersebut, dia menunjuk ke gedung perumahan bertingkat tinggi dan berkata: "Gedung yang menyala di belakang kami adalah Credicard Tower.

"Detail yang menarik: semua server untuk kartu kredit dan debit Venezuela ada di sana. Jika sebuah bom dilemparkan ke gedung itu, seluruh sistem perbankan nasional akan runtuh."

Dalam pesan yang diunggah setelah dia dibebaskan, Prez meminta maaf jika klip tersebut disalahartikan.

Dia bersikeras bahwa dia mencintai negara asalnya dan mengatakan bahwa serangan apa pun terhadap lembaga keuangan akan merugikan keluarganya dan juga dirinya, sesuatu yang tidak akan pernah dia terima.

Prez ditangkap saat hendak menaiki pesawat menuju Canaima, sebuah taman nasional di selatan Venezuela yang merupakan lokasi Air Terjun Angel.

"Dia dibebaskan pada hari Senin dengan syarat dia bersedia menghadap jaksa dan pengadilan jika mereka memanggilnya," kata Jaksa Agung Saab, dilansir BBC.

Penangkapan YouTuber tersebut adalah yang terbaru dari serangkaian penangkapan individu termasuk aktivis hak asasi manusia dan aktivis politik. Kebanyakan dari mereka dituduh melakukan terorisme atau menghasut kebencian. Saab tidak menjelaskan secara pasti apa yang menyebabkan Prez ditangkap.

Dalam sebagian besar kasus, mereka yang ditangkap adalah anggota aktif koalisi oposisi atau pengkritik keras pemerintahan Presiden Nicols Maduro.

Jaksa Agung Venezuela, yang merupakan sekutu dekat Presiden Maduro, menuduh seorang YouTuber mencoba mengganggu stabilitas negara.

Namun, ketegangan meningkat menjelang pemilihan presiden pada bulan Juli, di mana Maduro mencalonkan diri untuk masa jabatan ketiga berturut-turut.

Pemilu sebelumnya pada tahun 2016 dianggap tidak bebas dan tidak adil, dan pemimpin oposisi, Mara Corina Machado, menuduh presiden mencoba memilih sendiri siapa yang akan menentangnya dalam pemilu kali ini.

Machado dilarang mencalonkan diri untuk jabatan politik dan penggantinya dilarang mendaftar sebagai kandidat.

Topik Menarik