Para Ahli Peringatkan Ancaman Putin Soal Perang Dunia Ketiga Harus Direspons Serius

Para Ahli Peringatkan Ancaman Putin Soal Perang Dunia Ketiga Harus Direspons Serius

Global | okezone | Selasa, 2 April 2024 - 19:18
share

RUSIA Ancaman yang dikeluarkan oleh Presiden Rusia Vladimir Putin terhadap negara-negara di Uni Eropa (UE) yang berencana memberikan jet tempur F-16 kepada Ukraina harus ditanggapi dengan serius.

Jika Putin menginginkan perang dengan Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO), begitulah cara Anda memulainya. Maka itu akan menjadi perang dunia ketiga, kata Letnan Kolonel Swedia Joakim Paasikivi dari Universitas Pertahanan Stockholm kepada kantor berita Swedia TT.

Namun kekhawatiran negara-negara Barat bahwa Rusia akan melancarkan serangan terhadap negara-negara NATO dicap sebagai omong kosong awal pekan ini oleh Putin. Namun Putin menambahkan peringatan yang mengerikan dalam pernyataannya. Mengacu pada janji beberapa negara Uni Eropa untuk memberikan jet tempur F-16 ke Ukraina.

Tentu saja, jika mereka digunakan dari lapangan terbang negara ketiga, mereka akan menjadi target yang sah bagi kami, di mana pun mereka berada, terangnya.

Menurut laporan Express, dalam peringatan yang tidak menyenangkan, Putin juga menambahkan bahwa Rusia harus mempertimbangkan fakta bahwa jet tempur, yang dirancang dan dibangun di Amerika Serikat (AS) tetapi dioperasikan oleh 25 negara lain, dapat membawa senjata nuklir.

Letkol Paasikivi mengatakan ancaman dan peringatan dari Putin merupakan bagian dari narasi Kremlin bahwa Barat adalah agresor dalam konflik tersebut dan Rusia adalah korbannya.

Bagi Putin, penting untuk terus-menerus menampilkan Barat sebagai ancaman besar bagi masyarakat domestik. Ancaman nuklir Barat adalah inti dari keseluruhan narasi Rusia, jelasnya.

Topik Menarik