Daftar Negara yang Beri Bantuan ke Gaza Lewat Jalur Udara

Daftar Negara yang Beri Bantuan ke Gaza Lewat Jalur Udara

Global | sindonews | Senin, 1 April 2024 - 14:43
share

Jalur Gaza, Palestina, menjadi salah satu bagian yang paling menderita di dunia akibat invasi brutal oleh militer Israel sejak 7 Oktober 2023.

Hingga kini, menurut Kementerian Kesehatan Gaza, lebih dari 32.000 orang telah meninggal.

Invasi tanpa pandang bulu oleh militer Zionis ini sebagai respons perang Israel setelah serangan Hamas pada 7 Oktober yang diklaim rezim Zionis telah menewaskan sekitar 1.200 orang dan ratusan lainnya disandera.

Pengepungan dan invasi brutal militer Zionis membuat krisis Gaza menjadi semakin parah, dengan anak-anak meninggal akibat kelaparan.

1. Amerika Serikat

AS, menggunakan pesawat kargo militer C-130, telah menerjunkan ribuan paket bantuan makanan ke Gaza sejak pekan pertama Maret lalu.

Ironisnya, AS juga mengirim banyak bom dan jet tempur ke Israel dalam mendukung perang militer Zionis melawan Hamas. Langkah pemerintah Amerika yang "bermuka dua" ini dikecam oleh para politisi lokal sebagai tindakan munafik.

2. Yordania

Kerajaan ini mengirimkan bantuan kemanusiaan ke Gaza melalui jalur udara dengan mengandalkan pesawat kargo militer C-130.

Pengiriman bantuan ini dipantau langsung oleh Raja Abdullah II.

3. Uni Emirat Arab

Uni Emirat Arab mengirim sekitar 160 paket bantuan kemanusiaan ke Gaza dengan mengandalkan pesawat kargo militer C-130.

4. Prancis

Prancis salurkan bantuan makanan dan obat-obatan ke Gaza dengan mengandalkan pesawat kargo C-130. Pengiriman bantuan ini juga bekerja sama dengan Kerajaan Yordania.

5. Mesir

Mesir sejatinya memiliki perbatasan darat langsung dengan Jalur Gaza dan pernah juga menggunakan jalur tersebut untuk menyalurkan bantuan kemanusiaan.

Namun, pengiriman bantuan via darat tersendat akibat blokade militer Zionis. Pada akhirnya, Kairo memilih jalur udara untuk menyalurkan bantuan.

6. Maroko

Kerajaan Maroko mengandalkan enam pesawat angkut untuk mengirim paket bantuan kemanuisaan ke Gaza.

Menurut laporan Arab News , ada sekitar 25 ton paket bantuan termasuk makanan, air, obat-obatan, dan perlengkapan darurat lainnya, telah disalurkan via jalur udara.

7. Belgia

Pemerintah Belgia melalui Angkatan Udaranya mengirim bantuan kemanusiaannya pertama ke Jalur Gaza pada 4 Maret 2024.

"Operasi Belgia pertama yang menjatuhkan bantuan kemanusiaan ke Gaza baru saja dilakukan. Terima kasih kepada pos diplomatik kami, B-FAST dan staf Kementerian Pertahanan Belgia," kata Menteri Luar Negeri Belgia Hadja Lahbib seperti dikutip dari The Brussels times .

8. Jerman

Pemerintah Jerman, yang selama ini mendukung Israel, juga ikut mengirim paket bantuan makanan dan obat-obatan melalui jalur udara.

9. Rusia

Rusia, yang saat ini sedang berperang melawan Ukraina, telah beberapa kali mengirim puluhan ton bantuan kemanusiaan ke Gaza menggunakan pesawat kargo Il-76. Ini dimulai sejak November 2023 atau sebulan setelah perang Israel-Hamas pecah.

10. Kanada

Sama seperti sekutu Barat-nya, Kanada juga ikut andil menyalurkan bantuan kemanusiaan ke Gaza melalui jalur udara. Jumlah bantuan tidak diumumkan.

11. Turki

Menurut dokumentasi Anadolu , Turki menyalurkan bantuan kemanusiaan ke Gaza melalui jalur udara pada Maret 2024. Pemerintah Turki tidak merinci jenis bantuan dan jumlahnya.

Topik Menarik