Paus Fransiskus Sampaikan Pesan Paskah, Serukan Gencatan Senjata di Gaza dan Ukraina

Paus Fransiskus Sampaikan Pesan Paskah, Serukan Gencatan Senjata di Gaza dan Ukraina

Global | okezone | Senin, 1 April 2024 - 07:12
share

VATIKAN - Paus Fransiskus telah menggunakan pesan Paskah tradisionalnya untuk menyerukan gencatan senjata di Jalur Gaza dan kembalinya sandera Israel yang ditahan oleh Hamas .

Paus berusia 87 tahun itu memimpin Misa Paskah di Vatikan di hadapan ribuan orang, meski ada kekhawatiran atas kesehatannya.

Merujuk pada konflik di seluruh dunia, Paus Fransiskus memohon untuk tidak menyerah pada logika persenjataan dan mempersenjatai kembali.

Perdamaian tidak pernah tercipta dengan senjata, tapi dengan tangan yang terulur dan hati yang terbuka, ujarnya, dikutip BBC.

Puluhan ribu jamaah berkumpul di Lapangan Santo Petrus untuk mendengarkan Paus.

Ketika perundingan gencatan senjata baru antara Israel dan Hamas akan dimulai, Paus Fransiskus memberikan pesannya.

Saya mengimbau sekali lagi agar akses terhadap bantuan kemanusiaan dipastikan ke Gaza, dan menyerukan sekali lagi agar para sandera yang ditangkap pada tanggal 7 Oktober segera dibebaskan dan gencatan senjata segera di Jalur Gaza, ungkapnya.

Dia juga menyinggung tentang dampak perang terhadap warga sipil, dimulai dengan anak-anak. "Betapa banyak penderitaan yang kita lihat di mata mereka! Dengan mata itu, mereka bertanya kepada kita: Mengapa? Mengapa semua kematian ini? Mengapa semua kehancuran ini? Perang selalu terjadi sebuah absurditas dan kekalahan, lanjutnya.

Paus Fransiskus juga memperingatkan negara-negara agar tidak mempersenjatai kembali diri mereka sendiri dan berbicara tentang konflik yang sedang berlangsung di Ukraina hanya dalam waktu dua tahun sejak Rusia melancarkan invasi besar-besaran terhadap negara tetangganya.

Dalam menyerukan penghormatan terhadap prinsip-prinsip hukum internasional, saya menyatakan harapan saya untuk pertukaran umum semua tahanan antara Rusia dan Ukraina, kata Paus.

Topik Menarik