Joe Biden Siapkan Dana Darurat Rp952 Miliar untuk Menangani Ambruknya Jembatan Francis Scott Key

Joe Biden Siapkan Dana Darurat Rp952 Miliar untuk Menangani Ambruknya Jembatan Francis Scott Key

Global | okezone | Jum'at, 29 Maret 2024 - 12:51
share

MARYLAND - Untuk membantu proses penangangan ambruknya jembatan Francis Scott Key di Baltimore, Amerika Serikat (AS), pemerintahan Presiden AS Joe Biden telah menyetujui dana darurat sebesar USD60 juta (Rp952 miliar) yang diminta oleh Maryland.

Gubernur Maryland Wes Moore telah memberikan rincian awal rencananya untuk membersihkan puing-puing setelah sebuah kapal kargo menabrak jembatan utama Baltimore, menewaskan enam orang.

Gubernur menguraikan bagaimana mereka bermaksud membersihkan puing-puing, memindahkan kapal, mengambil potongan jembatan dan membangunnya kembali.

“Kita mempunyai jalan yang sangat panjang di depan kita,” katanya, dikutip BBC.

Berbicara bersama anggota parlemen pada konferensi pers pada Kamis (28/3/2024), Moore menguraikan rencana untuk setiap tahap proses, yang menurutnya akan menimbulkan beberapa tantangan.

Salah satunya, kapal kargo yang menabrak Jembatan Francis Scott Key, yang disebut Dali, yang berukuran hampir sepanjang Menara Eiffel.

Ia membandingkan situasi tersebut dengan kejadian pada 2021 yang membutuhkan waktu lima minggu untuk mengeluarkan kapal kargo yang terjebak di Terusan Suez. Gubernur mengatakan, bedanya di Jembatan Francis Scott Keyy berada di atas kapal.

“Kita membicarakan 3.000 hingga 4.000 ton baja yang ada di kapal itu,” kata Moore.

Moore mengatakan tantangan untuk memindahkan kapal dan jembatan tersebut pada dasarnya belum pernah terjadi sebelumnya.

Dia menambahkan bahwa air sungai itu gelap, dan puing-puing di dalam air sangat padat, sehingga penyelam tidak dapat melihat lebih dari satu atau dua kaki di depannya.

“Jadi sebagian besar operasi, mereka sekadar merasakan,” ujarnya. “Penyelam ini sangat metodis, mereka disiplin, mereka berani, menyelam dalam kegelapan dengan benda-benda di sekitar mereka,” lanjutnya.

Topik Menarik