Siapa Robert F Kennedy Jr? Capres Independen yang Jadi Perusak Sistem 2 Partai Besar di AS

Siapa Robert F Kennedy Jr? Capres Independen yang Jadi Perusak Sistem 2 Partai Besar di AS

Global | sindonews | Rabu, 27 Maret 2024 - 21:21
share

Robert F Kennedy Jr, keturunan dinasti politik paling terkenal Amerika Serikat , telah mengumumkan pengacara Nicole Shanahan sebagai pasangannya, saat ia bersaing sebagai kandidat independen dalam pemilihan presiden AS 2024.

Peluangnya semakin besar karena tidak ada kandidat dari pihak ketiga yang memenangkan kursi kepresidenan selama lebih dari satu setengah abad.

Namun pengacara lingkungan hidup dan aktivis anti-vaksin ini mampu menciptakan gebrakan media, berkat pengakuan mereknya yang kuat: Pamannya adalah mantan Presiden John F Kennedy, dan ayahnya adalah Robert F Kennedy, mantan jaksa agung dan senator AS. .

Dia meninggalkan Partai Demokrat setelah gagal mendapatkan pencalonan presiden dari partai tersebut dan mendukung elemen sayap kiri dan sayap kanan dalam upayanya untuk menduduki Gedung Putih.

Kampanyenya tampaknya mendapat tanggapan dari kelompok yang disebut sebagai pembenci ganda (double haters), yang takut akan prospek pertarungan ulang antara petahana Joe Biden dan mantan Presiden Donald Trump, yang merupakan kandidat terdepan untuk memenangkan nominasi Partai Republik meskipun ada masalah hukum.

Jajak pendapat baru-baru ini menunjukkan bahwa meskipun Trump mungkin akan mengambil suara dari kedua kandidat, Biden-lah yang paling dirugikan oleh Trump.

Siapa Robert F Kennedy Jr? Capres Independen yang Jadi Perusak Sistem Dua Partai Besar di AS

1. Memproyeksikan Diri sebagai Orang Luar

Foto/Reuters

Di tengah iklim kekecewaan politik, Kennedy telah memproyeksikan dirinya sebagai orang luar dalam politik dan mengecam kleptokrasi perusahaan sambil menggembar-gemborkan kredibilitas lingkungannya.

Sebagai seorang yang sudah lama skeptis terhadap vaksin, ia dituduh menyebarkan informasi yang salah tentang vaksin COVID-19 di media alternatif, seperti pembawa acara konservatif podcast populer Joe Rogan. Rogan juga dituduh menyebarkan kebohongan tentang vaksin COVID-19 di The Joe Rogan Experience.

Meskipun para pengkritik Kennedy mencapnya sebagai ahli teori konspirasi, para pendukungnya memuji dia sebagai seorang yang mengungkapkan kebenaran.

Melansir Al Jazeera, nama keluarga Kennedy membangkitkan keistimewaan dan tragedi dalam ukuran yang sama. Dia baru berusia sembilan tahun ketika Presiden John F Kennedy ditembak mati pada November 1963. Ayahnya, Robert, mengalami nasib yang sama ketika mencalonkan diri sebagai presiden lima tahun kemudian.

Karena berduka, RFK Jr beralih ke heroin untuk mengisi ruang kosong di dalam diriku, akhirnya menjadi bersih setelah ditangkap karena kepemilikan. Istri keduanya, Mary, ibu dari empat dari enam anaknya, juga berjuang melawan kecanduan dan meninggal karena bunuh diri. Dia sekarang menikah dengan Cheryl Hines, yang terkenal karena perannya di sitkom Curb Your Enthusiasm.

Kennedy menderita gangguan bicara yang disebut disfonia spasmodik, yang menyebabkan kejang otot-otot di laring, meskipun kondisi tersebut tampaknya tidak mengurangi penampilannya di acara-acara yang dibawakan oleh orang-orang seperti Rogan dan penulis buku laris konservatif Kanada Jordan Peterson, di mana karyanya gaya tembak-menembak dimainkan dengan baik.

Pandangannya yang kontroversial telah membuat keluarganya sendiri tidak mengakuinya. Bobby mungkin memiliki nama yang sama dengan ayah kami, tapi dia tidak memiliki nilai, visi, atau penilaian yang sama, kata saudara-saudaranya dalam sebuah pernyataan yang diposting di X. Kami mengecam pencalonannya dan percaya bahwa hal itu berbahaya bagi negara kita.

3. Tidak Suka Berpidato dengan Menggunakan Naskah

Foto/Reuters

Bukan orang yang berpegang teguh pada naskah, Kennedy memiliki rekam jejak yang beragam dengan pandangan yang sering kali bertentangan sehingga membuatnya sulit untuk dikesampingkan.

Ambil contoh lingkungan. Pernah dinobatkan sebagai Pahlawan Planet oleh majalah Time, mantan pengacara lingkungan ini dikenal karena kampanyenya untuk membersihkan saluran air negara, mengurangi penggunaan pestisida beracun, dan mempromosikan energi terbarukan. Namun seruannya terhadap kebebasan dan pasar bebas sebagai solusi terhadap perubahan iklim telah menimbulkan kekhawatiran bahwa ia akan membiarkan industri menentukan langkah untuk membatasi penggunaan bahan bakar fosil.

Dia juga mengancam akan mencabut undang-undang iklim khas Biden, yang mendorong transisi menuju ekonomi hijau.

4. Pendukung Israel dan Rusia

Foto/Reuters

Sikap libertariannya mengemuka selama pandemi COVID-19 ketika ia menuduh kepala penasihat medis pemerintah AS saat itu, Anthony Fauci, melakukan kudeta bersejarah terhadap demokrasi Barat. Dia juga mengklaim bahwa virus tersebut direkayasa untuk menyerang orang-orang Kaukasia dan kulit hitam, serta tidak menyerang orang-orang Tiongkok dan Yahudi Ashkenazi.

Pandangannya mengenai konflik Israel-Palestina biasanya kontradiktif. Kennedy mendukung Roger Waters tahun lalu di tengah kemarahan massal atas pertunjukan yang menampilkan salah satu pendiri Pink Floyd mengenakan pakaian Nazi dan menampilkan logo perusahaan senjata Israel pada seekor babi raksasa. Namun, beberapa bulan kemudian, politisi tersebut dengan gigih membela perang tanpa batas yang dilakukan Israel di Gaza, yang telah menewaskan lebih dari 32.000 orang dan mendorong wilayah kantong yang terkepung itu ke ambang kelaparan.

Karena sifatnya yang isolasionis, ia menentang bantuan ke Ukraina, menyalahkan AS dan NATO karena menciptakan perang proksi dengan Rusia. Dalam sebuah wawancara baru-baru ini, dia mengatakan bahwa dana miliaran dolar untuk negara yang dilanda perang dapat digunakan untuk penyembuhan bagi orang-orang yang berada dalam pergolakan kecanduan dan depresi ketika dia menyoroti krisis fentanyl.

Tugasnya adalah menjembatani kesenjangan besar antara RFK Jr, seorang aktivis lingkungan yang sangat liberal dan progresif, dan seorang pejuang anti-vaksinasi, kata Steffen Schmidt, profesor emeritus di Departemen Ilmu Politik di Iowa State University.

Soal imigrasi, RFK Jr menentang rencana Trump yang akan mendirikan tembok di perbatasan AS dengan Meksiko. Dia juga mengkritik cara Biden menangani krisis perbatasan. Dia berjanji untuk mengamankan perbatasan dengan penggunaan teknologi modern, seperti kamera dan detektor, untuk menghentikan masuknya imigran tidak berdokumen. Dia mendukung perluasan imigrasi legal ke AS.

5. Sulit untuk Mendapatkan Dukungan Publik

Foto/Reuters

Itu sulit diprediksi. Menurut jajak pendapat Reuters/Ipsos baru-baru ini, enam dari 10 responden menyatakan ketidakpuasannya terhadap sistem dua partai dan menginginkan pilihan ketiga.

Baik Partai Demokrat maupun Republik melihatnya sebagai ancaman. Yang pertama sangat khawatir, karena takut bahwa iming-iming nama besarnya dapat menyedot suara Biden.

Menurut beberapa jajak pendapat yang dirilis pada bulan Februari dan Maret, 40 persen warga AS memiliki opini positif terhadap RFK Jr. Peringkat persetujuannya telah turun sejak Desember ketika Gallup menunjukkan 52 persen warga AS menyukainya lebih banyak dibandingkan Trump atau Biden.

RFK Jr menarik bagi orang-orang sayap kanan Partai Republik yang menyukai teori konspirasi, tetapi ia juga menarik bagi mereka yang sangat sayap kiri, kata Melissa Smith, penulis buku tahun 2022, Third Parties, Outsiders, and Renegades: Modern Challenges dengan Sistem Dua Partai dalam Pemilihan Presiden. Ini seperti kelompok paling kanan dan paling kiri yang bersatu dan bisa bersatu di sekitar kandidat seperti ini.

Kennedy sering mengutip dukungan dari Gen Z, generasi yang lahir antara tahun 1997 dan 2012. Ide kebijakannya tampaknya tidak diarahkan pada suara generasi muda. Dia, misalnya, menyerukan larangan federal terhadap aborsi selama 15 minggu dan menyalahkan video game serta meningkatnya penggunaan antidepresan sebagai penyebab kekerasan bersenjata. Namun pernyataannya yang terus terang mengenai kesenjangan ekonomi sejalan dengan perjuangan generasi muda dengan upah rendah dan biaya perumahan yang tinggi.

6. Melawan Sistem 2 Partai

Foto/Reuters

Meskipun Partai Republik dan Demokrat secara otomatis ikut serta dalam pemilihan presiden, kandidat dari luar harus mengeluarkan jutaan dolar untuk mengumpulkan tanda tangan dari pemilih terdaftar dan menyewa pengacara untuk melawan tantangan hukum dari partai-partai mapan mengenai aturan akses pemungutan suara yang rumit dan berbeda-beda di setiap negara bagian.

Sistem pemilu diciptakan oleh dua partai besar untuk mencegah kandidat dari pihak ketiga menang, kata Schmidt.

Sejauh ini, Kennedy hanya lolos dalam pemungutan suara di satu negara bagian, Utah. Dia telah mengajukan dokumen untuk membentuk Partai We the People di California, Delaware, Hawaii, Mississippi dan North Carolina dan sedang mendirikan Partai Independen Texas di negara bagian Lone Star.

Tim kampanyenya mengatakan kepada The New York Times bahwa mereka memperkirakan langkah tersebut akan memangkas jumlah tanda tangan yang dibutuhkannya di seluruh 50 negara bagian sebanyak 330.000.

Bahkan jika ia berhasil lolos dalam pemungutan suara, para analis yakin peluangnya untuk sukses sangatlah kecil. Banyak yang mengutip kasus Ross Perot, orang kaya asal Texas yang menjadi polisi memimpin sebagai kandidat terdepan melawan Bill Clinton dan George HW Bush pada tahun 1992. Ia tidak memenuhi ekspektasi, hanya memperoleh seperlima suara populer dan gagal memenangkan satu pun suara elektoral. Seorang calon presiden membutuhkan 270 suara elektoral untuk menang.

Meski begitu, Kennedy bisa membuat perbedaan dalam pemilu tersebut. Rata-rata jajak pendapat yang dilacak oleh situs data pemilu AS RealClearPolitics menunjukkan bahwa meskipun Trump unggul 2 poin persentase dari Biden secara nasional dalam pemilihan dua kandidat, kesenjangan tersebut melebar menjadi lebih dari 4 poin jika Kennedy juga ikut dalam pencalonan.

Di negara-negara bagian yang menjadi medan pertempuran utama seperti Arizona, Georgia, Pennsylvania, dan Wisconsin, keunggulan Trump atas Biden akan meningkat jika Kennedy dan kandidat lainnya dipertimbangkan.

Apakah menurutku dia akan menang? Sama sekali tidak. Apakah menurut saya dia mungkin mencuri sedikit suara? Ya. Tapi apakah dia benar-benar akan berdampak pada pemilu? Jika sejarah bisa dipercaya, jawabannya adalah tidak, kata Smith.

Topik Menarik