Sekjen PBB Kembali Serukan Gencatan Senjata Baru di Gaza, Minta Israel Berikan Akses Total dan Tak Terbatas untuk Bantuan

Sekjen PBB Kembali Serukan Gencatan Senjata Baru di Gaza, Minta Israel Berikan Akses Total dan Tak Terbatas untuk Bantuan

Global | okezone | Senin, 25 Maret 2024 - 10:09
share

GAZA - Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa (Sekjen PBB) Antonio Guterres kembali menyerukan gencatan senjata segera di Gaza.

Sudah waktunya untuk membungkam senjata, katanya, berbicara dari sisi perbatasan Rafah di Mesir dengan daerah kantong tersebut.

Dia juga meminta Israel untuk memberikan akses total dan tidak terbatas terhadap barang-barang kemanusiaan di seluruh Gaza.

Penilaian ketahanan pangan yang didukung PBB minggu ini mengatakan 1,1 juta orang di Gaza menderita kelaparan dan kelaparan yang sangat parah.

Penilaian ini menambahkan bahwa kelaparan yang disebabkan oleh ulah manusia di utara akan segera terjadi antara sekarang dan Mei mendatang.

Guterres, yang mengatakan bahwa ia datang ke Rafah untuk menyoroti penderitaan warga Palestina di Gaza, berbicara sehari setelah Rusia dan Tiongkok memblokir rancangan resolusi Amerika Serikat (AS) yang diajukan ke PBB yang menyerukan gencatan senjata terkait dengan pembebasan sandera yang disandera di Gaza.

Pilihannya jelas yakni gelombang pengungsi atau kelaparan. Truk-truk bantuan yang diblokir di perbatasan Mesir adalah sebuah kebiadaban moral, kata Guterres, yang juga menyerukan pembebasan warga Israel.

Saya ingin warga Palestina di Gaza tahu: Anda tidak sendirian. Masyarakat di seluruh dunia marah atas kengerian yang kita saksikan secara real-time. Warga Palestina di Gaza masih terjebak dalam mimpi buruk tanpa henti, tambahnya.

Berbicara kepada koresponden BBC Timur Tengah Hugo Bachega, Guterres kembali mendesak Israel untuk menghilangkan hambatan dalam pengiriman bantuan.

Topik Menarik