Rusia Marah dan Sedih setelah Teroris Bantai 137 Orang di Gedung Konser Moskow

Rusia Marah dan Sedih setelah Teroris Bantai 137 Orang di Gedung Konser Moskow

Global | sindonews | Senin, 25 Maret 2024 - 07:14
share

Korban pembantaian massal oleh para teroris di gedung konser Balai Kota Crocus di pinggiran Moskow, Rusia, pada Jumat malam bertambah menjadi 137 orang.

Di jalan-jalan Moskow pada hari Minggu, terjadi keterkejutan, kesedihan dan kemarahan ketika Rusia memperingati hari berkabung nasional setelah serangan paling mematikan di negara itu selama dua dekade.

Ketika para pelayat meletakkan bunga pada acara penghormatan dan menyalakan lilin di gereja-gereja, terdapat perasaan campur aduk atas dugaan Presiden Vladimir Putin mengenai keterkaitan Ukraina dengan serangan yang menewaskan lebih dari 130 penonton konser tersebut.

Saya masih shock, kata pengacara setempat, Ruslana Baranovskaya (35) tahun, kepada AFP di jalan dekat Lapangan Merah yang terkenal di ibu kota. Ini adalah tragedi yang menghancurkan mental saya.

Di seberang alun-alunyang tertutup untuk umumsebuah bendera dikibarkan setengah tiang di atas Kremlin.

Setidaknya 137 orang, termasuk tiga anak-anak, tewas ketika orang-orang bersenjata menyerbu gedung konser Balai Kota Crocus pada Jumat malam, sebelum akhirnya membakar gedung tersebut.

Kelompok ISIS telah berulang kali mengaku bertanggung jawab dan menerbitkan video grafis orang-orang bersenjata yang melakukan serangan tersebut.

Putin belum mengomentari klaim ISIS, namun mengatakan empat tersangka pria bersenjata yang ditangkap berusaha melarikan diri ke Ukraina.

Dinas Keamanan Federal (FSB) Rusia mengatakan para penyerang memiliki kontak di Ukraina.

Di Moskow, masyarakat Rusia terpecah mengenai klaim adanya hubungan para teroris tersebut dengan Ukrainayang telah dibantah oleh Kyiv dan Amerika Serikat.

Saya tidak percaya dengan versi keterlibatan Ukraina, kata Vomik Aliyev (22), seorang mahasiswa kedokteran yang orang tuanya beragama Islam dan sering pergi ke gedung konser.

Namun, sebagian lainnya bertanya-tanya apakah Kyiv-lah yang patut disalahkan.

Perang terjadi di setiap sudut negara, tidak hanya di televisi, kata Valery Chernov, seorang penjaga toko berusia 52 tahun.

Sulit untuk mengatakan siapa di balik semua ini: musuh-musuh Rusia pastinya, musuh-musuh Putin yang ingin menggoyahkan ketertiban dan kekuasaan, sehingga masyarakat mulai ragu bahwa mereka dilindungi oleh pemerintahnya," paparnya.

Juru bicara Kremlin Dmitry Peskov mengatakan pekan lalu bahwa Rusia berada dalam keadaan perang dengan Ukrainameningkatkan bahasa resmi yang digunakan untuk membicarakan kampanye tersebut.

Ini dimulai sebagai operasi militer khusus, tapi segera setelah kelompok ini terbentuk di sana, ketika kolektif Barat menjadi peserta di pihak Ukraina, bagi kami hal itu sudah menjadi perang, katanya.

Di Washington, Gedung Putih bersikeras pada hari Minggu bahwa Kyiv tidak memiliki peran apa pun dalam pembantaian tersebut.

ISIS bertanggung jawab penuh atas serangan ini. Tidak ada keterlibatan Ukraina sama sekali, kata juru bicara Dewan Keamanan Nasional Gedung Putih Adrienne Watson.

Lebih dari 5.000 orang di Moskow dan wilayah sekitarnya bergegas mendonorkan darahnya untuk mereka yang dirawat di rumah sakit setelah serangan itu, kata para pejabat setempat pada hari Minggu.

Teater, museum, dan bioskop ditutup di seluruh negeri.

Semakin banyak papan reklame hitam bertuliskan Crocus City Hall Balai Kota Crocus) dan We mourn (Kami berkabung) menggantikan papan iklan di sisi gedung dan di stasiun metro.

Para pelayat memenuhi ruang konser di barat laut Moskow, meletakkan karangan bunga mawar merah dan anyelir di luar tempat tersebut.

Serangan ini adalah yang paling mematikan di Rusia sejak pengepungan sekolah di Beslan pada tahun 2004.

Di gedung olah raga Sekolah Nomor 1 di kota itu1.500 kilometer (930 mil) selatan Moskowyang sekarang menjadi peringatan bagi para korban pengepungan, para pelayat menyalakan lilin sebagai penghormatan, menurut foto yang dibagikan di media sosial.

Lilin-lilin itu dibentuk dengan tulisan: Moskow. Kami berduka. Beslan.

Bagi banyak orang di ibu kota, kesedihan masih terasa kurang dari 48 jam setelah serangan itu.

Sulit bagi saya untuk berbicara atau bahkan mengingat. Jujur saja, saya bermimpi buruk sekarang, kata Alyona (39), warga Moskow, yang dilansir AFP , Senin (25/3/2024).

AS dan Inggris telah memperingatkan warganya, kata Baranovskaya, sang pengacara, merujuk pada peringatan keamanan tanggal 7 Maret yang dikeluarkan oleh beberapa kedutaan besar negara-negara Barat mengenai serangan yang akan segera terjadi di ibu kota Rusia.

Pertanyaannya adalah mengapa pihak keamanan kita tidak mengetahuinya? tanyanya.

Hanya tiga hari sebelum serangan itu, Presiden Rusia Vladimir Putin secara terbuka menolak peringatan Barat dan menyebutnya sebagai provokasi yang dirancang untuk mengintimidasi dan mengacaukan masyarakat Rusia.

Ada juga ketakutan di antara banyak orang di jalanan.

Saya merasa tidak aman, bahwa saya bisa pergi ke suatu tempat dan menjadi baik-baik sajadipimpin. Ini menakutkan, kata Baranovskaya.

Ada perasaan bahwa kita harus berhati-hati. Bukan ide yang baik untuk naik metro sekarang, kata Aliyev, seorang mahasiswa kedokteran.

Meski dia meragukan versi Kremlin mengenai kejadian tersebut, dia mengatakan masyarakat Rusia akan bersatu setelah serangan itu.

Insiden seperti itu menyatukan kita untuk mengatasi rintangan bersama," imbuh Aliyev.

Topik Menarik