Rusia Berduka, Turunkan Bendera Setengah Tiang dan Letakkan Bunga Hormati Para Korban

Rusia Berduka, Turunkan Bendera Setengah Tiang dan Letakkan Bunga Hormati Para Korban

Global | okezone | Senin, 25 Maret 2024 - 06:55
share

RUSIA - Rusia sedang memperingati hari berkabung setelah sedikitnya 137 orang tewas dalam serangan pada Jumat (22/43/2024) malam di tempat konser yang penuh sesak di Moskow.

Bendera berkibar setengah tiang, banyak acara dibatalkan dan saluran TV memperbarui jadwalnya.

Lebih dari 140 orang juga terluka ketika orang-orang bersenjata memasuki Balai Kota Crocus, menembak tanpa pandang bulu sebelum membakarnya.

Kelompok Negara Islam (ISIS) mengatakan mereka berada di balik serangan itu.

Pada Sabtu (23/3/2024), Amaq, outlet media ISIS, mengunggah gambar empat pria bertopeng yang mereka klaim terlibat dalam penyerangan tersebut. Rusia belum mengomentari klaim ISIS tersebut.

Kelompok ini kemudian merilis rekaman yang sangat gamblang dari serangan tersebut. Video tersebut, yang telah diverifikasi oleh BBC sebagai asli, menunjukkan salah satu pria bersenjata melepaskan tembakan ke beberapa orang. BBC tidak akan menyiarkan video ini.

Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan keempat pria bersenjata yang melakukan serangan itu telah ditangkap.

Pada Minggu (24/3/2024), Komite Investigasi Rusia menunjukkan para tahanan dibawa dari sebuah van ke sebuah gedung, diborgol dan ditutup matanya.

Dalam pidatonya yang disiarkan televisi pada Sabtu (23/3/2024), Putin mengutuk pembantaian tersebut yang paling mematikan di Rusia selama hampir 20 tahun, sebagai aksi teroris yang biadab dan mengulangi pernyataan sebelumnya dari dinas keamanan Rusia bahwa para penyerang mencoba melarikan diri ke Ukraina.

Kyiv menolak klaim bahwa mereka terlibat dalam serangan itu dan menyebutnya sebagai hal yang "tidak masuk akal".

"Menganggap para tersangka sedang menuju ke Ukraina berarti mereka bodoh atau ingin bunuh diri," kata Andriy Yusov, juru bicara direktorat intelijen militer Ukraina, kepada BBC.

Topik Menarik