137 Orang Tewas dalam Serangan Gedung Konser Rusia, 11 Orang Ditahan Termasuk 4 Pria Bersenjata

137 Orang Tewas dalam Serangan Gedung Konser Rusia, 11 Orang Ditahan Termasuk 4 Pria Bersenjata

Global | okezone | Senin, 25 Maret 2024 - 06:07
share

RUSIA Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan 11 orang telah ditahan, termasuk empat tersangka pria bersenjata , yang melarikan diri dari gedung konser dan menuju wilayah Bryansk, sekitar 340 km (210 mil) barat daya Moskow.

Mereka mencoba bersembunyi dan bergerak menuju Ukraina, di mana, menurut data awal, sebuah jendela telah disiapkan bagi mereka di sisi Ukraina untuk melintasi perbatasan negara, kata Putin, dikutip Reuters.

Dinas Keamanan Federal Rusia (FSB) mengatakan orang-orang bersenjata itu mempunyai kontak di Ukraina dan ditangkap di dekat perbatasan.

Dengan mata tertutup dan tangan diborgol ke belakang, para tersangka dibawa ke markas besar Komite Investigasi Moskow pada Minggu (24/3/2024) menjelang sidang di pengadilan yang akan menahan mereka dalam tahanan pra-sidang.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiy menuduh Putin berusaha mengalihkan kesalahan atas serangan gedung konser dengan merujuk ke Ukraina.

ISIS, kelompok Islam yang pernah berusaha menguasai sebagian besar wilayah Irak dan Suriah, mengaku bertanggung jawab atas serangan tersebut dalam pernyataan Telegram dari agensi kelompok tersebut, Amaq. Pada Sabtu (23/3/2024) malam, ISIS merilis di saluran Telegramnya apa yang disebut sebagai rekaman serangan tersebut.

Lebih dari 100 orang masih dirawat di rumah sakit, beberapa di antaranya dalam kondisi serius. Rekaman video menunjukkan Putin yang tampak muram menyalakan lilin di sebuah gereja di kediamannya di luar Moskow pada Minggu (24/3/2024) malam untuk menghormati mereka yang meninggal.

Topik Menarik