Kota Ini Ingin Jual 200 Rumah Kosong Masing-masing Seharga Rp15.000

Kota Ini Ingin Jual 200 Rumah Kosong Masing-masing Seharga Rp15.000

Global | sindonews | Kamis, 21 Maret 2024 - 13:39
share

Pemerintah Kota Baltimore, Amerika Serikat (AS), sedang mempertimbangkan untuk menjual lebih dari 200 rumah yang telah ditutup dan dikosongkan dengan harga nominal USD1 (sekitar Rp15.000) per unit.

Mengutip Bloomberg, Kamis (21/3/2024), ratusan properti milik pemerintah itu telantar akibat dilanda kejahatan dan kerusakan di masa lalu.

Pemerintah kota berniat menjual rumah dengan harga semurah itu agar menarik pemilik baru untuk merapikan lingkungan yang telah rusak.

Baca Juga: Nenek Ini Diselidiki Gara-gara Menang Lotre Melulu

Proposal yang didukung oleh Wali Kota Baltimore Brandon Scott akan menawarkan lebih dari 200 properti kosong milik pemerintah kota kepada penduduk yang berkomitmen untuk memperbaiki dan tinggal di dalamnya.

Rencananya akan dilakukan pemungutan suara pada hari Rabu waktu setempat mengenai dewan pengeluaran yang dikendalikan oleh pemerintahan Scott, meskipun proposal tersebut telah ditolak sebelumnya.

Rumah kosong adalah masalah yang sudah berlangsung selama puluhan tahun di Maryland, yang merupakan salah satu wilayah dengan tingkat kejahatan tertinggi di AS yang terkonsentrasi di beberapa lingkungan dengan tingkat kemiskinan tinggi.

Rencana tersebut mengingatkan pada program "rumah dolar" di Baltimore pada tahun 1970-an, yang menawarkan properti dengan imbalan sejumlah uang kepada para penghuni rumah jika mereka bersedia memperbaikinya.

Program ini dimaksudkan untuk memprioritaskan pembeli individu, yang hanya akan dikenakan biaya USD1, dibandingkan pengembang, yang akan membayar USD3,000.

Hibah perbaikan rumah sebesar USD50.000 akan tersedia untuk membantu renovasi, tetapi penerima harus mendapat persetujuan terlebih dahulu untuk pinjaman konstruksi, menurut Governing.com—sebuah publikasi kebijakan perdagangan.

Meskipun program perumahan menargetkan beberapa ratus rumah, terdapat hampir 15.000 properti terbengkalai di seluruh Baltimore pada tahun 2022, menurut pemerintah kota.

Topik Menarik