3 Negara yang Pernah Menolak Pinjaman IMF

3 Negara yang Pernah Menolak Pinjaman IMF

Global | okezone | Kamis, 21 Maret 2024 - 09:55
share

MALAYSIA - Ketika suatu negara meminjam dari Dana Moneter Internasional (IMF) , pemerintah setuju untuk menyesuaikan kebijakan ekonominya untuk mengatasi masalah yang mendorong negara tersebut mencari bantuan keuangan.

Penyesuaian kebijakan ini merupakan syarat pinjaman IMF dan membantu memastikan bahwa negara tersebut menerapkan kebijakan yang kuat dan efektif.

Melansir laman IMF, IMF bertujuan untuk mencapai pertumbuhan berkelanjutan dan kemakmuran bagi 190 negara anggotanya.

Hal ini dilakukan dengan mendukung kebijakan ekonomi yang mendorong stabilitas keuangan dan kerja sama keuangan, yang penting untuk produktivitas, penciptaan lapangan kerja, dan kesejahteraan ekonomi. IMF diatur dan bertanggung jawab kepada negara-negara anggotanya.

IMF mempunyai tiga tugas penting yaitu mendorong kerja sama kebijakan moneter internasional, mendorong perluasan perdagangan dan pertumbuhan ekonomi, dan mencegah kebijakan yang mengancam kesejahteraan.

Untuk memenuhi tugas ini, negara-negara anggota IMF bekerja sama baik satu sama lain maupun dengan organisasi internasional lainnya.

Persyaratan membantu negara-negara menyelesaikan masalah neraca pembayaran tanpa mengambil tindakan yang merugikan kesejahteraan nasional atau internasional.

Selain itu, langkah-langkah tersebut bertujuan untuk melestarikan sumber daya IMF dengan memastikan bahwa perekonomian negara tersebut cukup kuat untuk membayar kembali pinjaman tersebut, sehingga memungkinkan negara lain untuk menggunakan sumber daya tersebut di masa depan, jika diperlukan.

Topik Menarik