Putin Bakal Jadi Presiden Rusia ke-5 Kalinya Sudah Diprediksi, Lalu Apa Selanjutnya?

Putin Bakal Jadi Presiden Rusia ke-5 Kalinya Sudah Diprediksi, Lalu Apa Selanjutnya?

Global | okezone | Selasa, 19 Maret 2024 - 07:30
share

RUSIA - Sesuai prediksi, kemenangan telak Vladimir Putin adalah hal yang mudah. Tidak diperlukan hambatan ataupun tantangan lainnya. Lagi pula, di Rusia , Kremlin mengontrol dengan ketat sistem politik, termasuk pemilu .

Tapi apa yang akan dilakukan Vladimir Putin dengan 87 suara miliknya? Seperti apa masa jabatan Putin yang kelima?

Putin 5.0 mungkin tidak akan jauh berbeda dengan Putin 4.0. Jangan mengharapkan "momen Abrakadabra" di mana, dengan lambaian tongkat ajaib, elang tiba-tiba berubah menjadi merpati.

Kemungkinannya adalah Presiden Putin akan terus melanjutkan konflik di luar negeri dan tindakan keras di dalam negeri.

Ke depan, hal ini mungkin berarti berlanjutnya perang di Ukraina dan konfrontasi dengan Barat, ditambah kampanye ideologis di dalam negeri seiring dengan upaya Putin untuk mengubah Rusia menjadi masyarakat yang semakin militeristik.

Sedangkan bagi masyarakat sipil Rusia, hal ini sudah berada di bawah tekanan yang kuat. Hal ini mungkin akan semakin intensif.

Di sisi lain 87 suara yang diraup Putin sepertinya tidak akan meyakinkan para pemimpin Barat bahwa hal ini merupakan cerminan sejati dari tingkat popularitas Putin saat ini.

Ini bukanlah pemilu yang bebas dan adil, komentar Menteri Luar Negeri Inggris David Cameron mengenai pemilu presiden di Rusia, dikutip BBC.

Namun di dalam negeri, hal ini memungkinkan Kremlin untuk berargumen bahwa seluruh bangsa telah bersatu mendukung Vladimir Putin dan bahwa Presiden Rusia mendapat dukungan penuh dari rakyatnya.

Yang terpenting, Trump kini dapat mengklaim dirinya mendapat mandat rakyat atas perangnya di Ukraina dan arah kepemimpinannya di Rusia.

Vladimir Putin mengklaim kemenangan telak dalam pemilu, namun tidak menghadapi oposisi yang kredibel.

Topik Menarik