Profil Vladimir Putin, dari KGB Rusia hingga Jabatan Presiden yang Lama

Profil Vladimir Putin, dari KGB Rusia hingga Jabatan Presiden yang Lama

Global | okezone | Senin, 18 Maret 2024 - 07:42
share

RUSIA Vladimir Putin telah berkuasa sejak tahun 2000, lebih lama dari pemimpin Kremlin mana pun sejak diktator Soviet Joseph Stalin.

Saat ia bersiap untuk masa jabatan kelima sebagai presiden, pada usia 71 tahun, semua oposisi sudah hilang dan tidak ada yang bisa menghentikannya untuk tetap menjabat, jika ia mau, hingga tahun 2036.

Namun, hampir secara kebetulan mantan anggota KGB yang kurang dikenal ini dipilih untuk menduduki jabatan di Kremlin. Kasus ini berada di tempat yang tepat pada waktu yang tepat di lingkaran dalam pendahulu Boris Yeltsin.

Vladimir Putin adalah seorang anak pejuang jalanan yang tahun-tahun awalnya dihabiskan di sebuah flat komunal, atau kommunalka, di Leningrad yang komunis.

Meskipun ia tampaknya menganut Rusia yang liberal dan demokratis, namun ia kemudian menggambarkan keruntuhan Uni Soviet sebagai "bencana geopolitik terbesar di abad ke-20".

Bertekad untuk mencegah Ukraina meninggalkan orbit Rusia, ia melancarkan perang terbesar di Eropa sejak Perang Dunia Kedua, dengan invasi besar-besaran pada 24 Februari 2022.

Dia sering membenarkan tindakannya dengan persepsi sejarah yang aneh dan kebencian yang mendalam terhadap Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO).

Sebelum dan sesudah invasi, ia secara keliru mengklaim bahwa Ukraina adalah negara buatan yang dihuni oleh neo-Nazi. Dan dia berusaha menghentikan Ukraina untuk semakin dekat dengan NATO.

Pemimpin Barat yang paling mengenalnya adalah mantan kanselir Jerman Angela Merkel, yang pernah terkenal menggambarkannya sebagai orang yang tidak berhubungan dengan kenyataan dan berada di dunia lain

Dia berulang kali mencoba bernegosiasi dengan Vladimir Putin, tetapi setelah Vladimir Putin mengirim pasukan untuk menyerang Kyiv, dia sampai pada kesimpulan jika Putin ingin menghancurkan Eropa".

Topik Menarik