6 Dilema Intervensi Asing di Haiti

6 Dilema Intervensi Asing di Haiti

Global | sindonews | Minggu, 17 Maret 2024 - 20:20
share

Saat Haiti menghadapi krisis kekerasan geng, timbul pertanyaan apakah satuan tugas multinasional akan membantu atau justru merugikan.

Usulan tersebut awalnya memicu keributan. Pada bulan Oktober 2022, Perdana Menteri Haiti saat itu Ariel Henry dan 18 pejabat tinggi meminta masyarakat internasional untuk mengirimkan angkatan bersenjata khusus untuk membantu memerangi penyebaran kekerasan geng di Haiti.

Namun Haiti telah berjuang dengan sejarah panjang keterlibatan asing dan prospek gelombang baru campur tangan luar ditanggapi dengan skeptis.

Saat ini, para ahli mengatakan bahwa opini publik di Haiti sedang berubah, seiring dengan meningkatnya kekerasan dan pemerintahan Haiti yang sudah lemah dan berada di ambang perombakan lagi.

Pada bulan Oktober 2022, sebagian besar warga Haiti menentang kekuatan internasional, kata Pierre Esperance, direktur eksekutif Jaringan Pertahanan Hak Asasi Manusia Nasional (RNDDH) Haiti, dilansir Al Jazeera. Tetapi saat ini sebagian besar warga Haiti akan mendukungnya karena situasinya lebih buruk, dan mereka merasa tidak ada pilihan lain.

Namun, sejarah keterlibatan internasional di Haiti masih menyisakan bayangan panjang sehingga hal ini terus menjadi topik yang memecah belah baik di kalangan masyarakat Haiti maupun pihak luar yang mungkin terlibat.

Ketidakstabilan di Haiti memasuki babak baru minggu ini ketika Perdana Menteri Henry seorang pejabat tidak terpilih yang menjabat sebagai presiden de facto mengumumkan bahwa ia berencana untuk mengundurkan diri.

Pengumuman ini muncul setelah meningkatnya tekanan internasional, serta ancaman dari geng-geng itu sendiri. Salah satu pemimpin geng paling terkenal di negara itu, Jimmy Barbecue Cherizier, mengatakan kepada wartawan bahwa perang saudara akan meletus jika Henry yang sangat tidak populer tidak mengundurkan diri.

Seruan bagi kekuatan internasional untuk melakukan intervensi muncul dari situasi yang akut, Esperance dan pakar lainnya mengatakan kepada Al Jazeera.

6 Dilema Intervensi Asing di Haiti

1. Ratusan Ribu Warga Haiti Sudah Mengungsi

Foto/Reuters

Kekerasan geng telah memaksa lebih dari 362.000 warga Haiti meninggalkan rumah mereka, sebagian besar di dalam dan sekitar ibu kota Port-au-Prince. PBB memperkirakan setidaknya 34.000 orang di antara mereka telah mengungsi sejak awal tahun ini.

Kelompok bersenjata juga telah menguasai jalan raya dan arteri penting lainnya di seluruh negeri, sehingga membatasi aliran pasokan. Dengan tingginya tingkat kemiskinan yang telah menyebabkan kekurangan gizi, PBB telah memperingatkan bahwa negara tersebut berisiko mengalami kelaparan.

Geng-geng tersebut menguasai lebih dari 95 persen Port-au-Prince, kata Esperance. Rumah sakit tidak punya bahan baku, air minum tidak cukup, supermarket hampir kosong. Orang-orang tinggal di rumah karena itu sangat berbahaya.

2. Kenya Disarankan Memimpin Pasukan Internasional

Foto/Reuters

Dengan kekerasan geng yang mencapai tingkat krisis dan pemerintahan Haiti yang berantakan, sebagian warga Haiti semakin mencari bantuan ke luar negeri.

Sebuah jajak pendapat pada bulan Agustus yang dirilis oleh aliansi bisnis AGERCA dan konsultan DDG menemukan bahwa sekitar 63 persen warga Haiti mendukung pengerahan pasukan internasional untuk memerangi geng-geng tersebut.

Porsi yang lebih tinggi lagi 75 persen mengatakan polisi Haiti membutuhkan dukungan internasional untuk memulihkan ketertiban.

Namun negara-negara seperti Amerika Serikat dan Kanada menolak keras prospek untuk memimpin kekuatan tersebut, meskipun mereka telah menawarkan untuk mendukung pemerintah lain yang mungkin akan memimpin kekuatan tersebut.

Pada Juli 2023, Kenya mengumumkan kesediaannya untuk mengerahkan pasukan ke Haiti dan berpotensi memimpin misi keamanan multinasional.

Dewan Keamanan PBB memberikan dukungannya pada inisiatif tersebut dan menyetujui misi yang dipimpin Kenya. Namun upaya tersebut terhenti, di tengah tantangan pengadilan dan perlambatan lainnya.

Pada bulan Januari, pengadilan Kenya memutuskan bahwa pengerahan pasukan di Haiti adalah ilegal dan tidak sah. Dan pada Selasa lalu, para pejabat Kenya mengatakan mereka akan menghentikan pengiriman pasukan ke Haiti sampai pemerintahan baru terbentuk.

Jonathan Katz, penulis buku The Big Truck That Went By: How the World Came to Save Haiti and Left Behind a Disaster, mengatakan kepada Al Jazeera bahwa keragu-raguan komunitas internasional untuk memimpin misi ke Haiti adalah bukti buruknya rekam jejak. intervensi asing di masa lalu.

Negara-negara ini berkata, 'Kita perlu melakukan ini karena kita tidak bisa melakukannyamemikirkan solusi lain,' kata Katz. Tetapi tidak ada seorang pun yang ingin melakukan hal ini karena setiap intervensi sepanjang sejarah Haiti telah berakhir dengan dampak buruk bagi semua orang yang terlibat.

3. AS Pernah Menjajah Haiti

Foto/Reuters

Sejak awal tahun 1900-an, setidaknya telah terjadi tiga intervensi langsung di Haiti, termasuk pendudukan pasukan AS selama puluhan tahun.

Pendudukan tersebut berlangsung dari tahun 1915 hingga 1934 dan dilakukan atas nama pemulihan stabilitas politik setelah pembunuhan Presiden Vilbrun Guillaume Sam.

Namun selama berada di Haiti, pasukan AS mengawasi pelanggaran hak asasi manusia yang meluas dan penerapan corve, sebuah sistem kerja paksa yang terkadang disamakan dengan perbudakan.

Perbudakan itu terjadi meski hanya sementara, kata pemimpin hak-hak sipil AS James Weldon Johnson, yang menulis untuk majalah The Nation pada tahun 1920.

Siang atau malam, dari keluarga mereka, dari pertanian kecil mereka atau ketika berjalan dengan susah payah di jalan-jalan pedesaan, warga Haiti ditangkap dan dipaksa bekerja keras selama berbulan-bulan di pelosok negara.

Tentara AS bahkan menarik sejumlah besar dana dari Bank Nasional Haiti dan membawanya ke New York.

Ini adalah pendudukan kolonial langsung yang dimulai di bawah Presiden AS Woodrow Wilson dan berlangsung selama lima pemerintahan, baik dari Partai Republik maupun Demokrat, kata Katz tentang periode tersebut. Pendudukan selanjutnya dilakukan dengan berbagai tingkat langsung dan tidak langsung.

4. Haiti Tidak Pernah Lepas Dukungan Asing

Foto/Reuters

Misalnya, AS akan kembali melakukan intervensi dalam politik Haiti selama Perang Dingin, karena AS mendukung pemerintah yang bersahabat dengan kepentingannya atas nama anti-Komunisme.

Memposisikan dirinya sebagai pemimpin anti-Komunis setelah terpilih pada tahun 1957, Presiden Haiti Francois Papa Doc Duvalier secara aktif mencari dukungan AS, bahkan ketika ia memimpin kampanye brutal kekerasan negara terhadap rakyatnya sendiri.

Meskipun ada keraguan mengenai Duvalier, AS menawarinya bantuan: Duta Besar AS Robert Newbegin, misalnya, tiba di Port-au-Prince dan siap memberi pemerintahan Duvalier sekitar $12,5 juta pada tahun 1960 saja.

Sebuah perkiraan menyebutkan total dukungan AS yang diberikan kepada Haiti di bawah pemerintahan Duvalier dan putranya, Jean-Claude Baby Doc Duvalier, sebesar $900 juta. Sementara itu, keluarga Duvalier menghadapi tuduhan pembunuhan, penyiksaan dan pelanggaran lainnya.

AS juga mengirimkan pasukan untuk melakukan intervensi langsung di Haiti. Pada tahun 1994, misalnya, Presiden AS Bill Clinton mengirimkan kontingen sekitar 20.000 tentara untuk mengembalikan Presiden Haiti Jean-Bertrand Aristide ke tampuk kekuasaan setelah ia digulingkan oleh militer negara tersebut pada tahun 1991.

Pengerahan tersebut dilakukan bersamaan dengan misi PBB yang berlangsung dari tahun 1993 hingga 2000, juga dengan dukungan dari AS.

Pada tahun 2004, Aristide digulingkan sekali lagi, namun kali ini, AS mendorongnya untuk mundur, menerbangkannya ke luar negeri dan mengirim pasukan ke pulau tersebut bersama negara-negara seperti Prancis dan Chile.

Pasukan tersebut kemudian digantikan oleh Misi Stabilisasi PBB di Haiti yang dikenal dengan MINUSTAH, yang berlangsung dari tahun 2004 hingga 2017 dan dipimpin oleh militer Brasil.

Meskipun MINUSTAH ditugaskan untuk meningkatkan keamanan, mereka segera menghadapi tuduhan melakukan pemerkosaan dan kekejaman lainnya terhadap warga sipil. Wabah kolera besar-besaran yang menewaskan lebih dari 9.300 orang juga disebabkan oleh kebocoran limbah dari fasilitas PBB.

5. Masa Depan Haiti Dipertaruhkan

Foto/Reuters

Mengingat sejarah intervensi Haiti yang buruk, AS telah menyatakan kekhawatirannya dalam memimpin misi internasional baru ke Haiti. Banyak yang menyerukan solusi yang dipimpin oleh Haiti, bukan dipimpin asing.

Kita perlu memberikan waktu dan ruang kepada Haiti untuk melakukan hal ini dengan benar, kata mantan utusan khusus AS untuk Haiti, Daniel Foote, dalam wawancara baru-baru ini dengan NPR.

Mari kita biarkan rakyat Haiti mempunyai kesempatan untuk mengacaukan Haiti sekali saja. Komunitas internasional telah berkali-kali mengacaukannya hingga tidak dapat dikenali lagi. Saya jamin orang Haiti lebih sedikit melakukan kesalahan dibandingkan orang Amerika, tambahnya.

Sementara itu, Katz mengatakan misi yang dipimpin Kenya, dengan dukungan PBB, akan memberikan penyangga bagi AS dan negara-negara lain yang memiliki sejarah buruk di wilayah tersebut.

Pada abad ke-20, AS melakukan pendudukan di Haiti. Nantinya, Anda mendapatkan pekerjaan yang dialihdayakan oleh PBB, yang didukung oleh AS, kata Katz.

Tetapi hal ini selalu berakibat buruk bagi reputasi mereka yang terlibat, dan mereka tidak pernah meninggalkan negara ini dalam kondisi yang lebih baik. Jadi sekarang dengan inisiatif yang dipimpin Kenya ini, Anda mempunyai intervensi yang dialihdayakan hampir dua kali lipat.

6. Diperlukan Solusi Terbaik

Foto/Reuters

Namun dengan pemerintahan Haiti yang berantakan dan kekerasan yang merajalela, beberapa ahli mempertanyakan sistem apa yang ada untuk mendorong pemulihan.

Pembunuhan Presiden Jovenel Moise pada tahun 2021 menyebabkan kekosongan kekuasaan di pemerintahan Haiti, dan sejak itu tidak ada pemilihan umum yang diadakan. Katz berpendapat bahwa AS memperburuk situasi dengan memberikan dukungan kepada Henry, yang popularitasnya merosot di tengah pertanyaan tentang komitmennya terhadap demokrasi.

Siapa pun yang memperhatikan telah mengatakan selama bertahun-tahun bahwa ini adalah sebuah unsusituasi yang dapat ternoda yang akan meledak, kata Katz. Ketika tidak ada demokrasi yang sah, hal ini akan membuka pintu bagi orang-orang yang memiliki kekuatan paling besar.

Baik Katz maupun Esperance menyatakan bahwa, meskipun negara-negara seperti AS telah membantu melengkapi Kepolisian Nasional Haiti, batasan antara petugas dan geng yang ingin mereka lawan sering kali tidak jelas.

Pemimpin geng Cherizier, misalnya, adalah mantan anggota cabang pengendalian kerusuhan di Kepolisian Nasional Haiti.

Akibatnya, warga Haiti merasa tidak punya pilihan selain mencari ke luar negeri, jelas Esperance.

Kita membutuhkan pemerintahan yang fungsional. Kekuatan internasional tidak akan mampu menyelesaikan masalah ketidakstabilan politik, kata Esperance. Pada saat yang sama, Haiti tidak bisa menunggu. Kita berada di neraka.

Topik Menarik