3 Badan Intelijen Israel yang Menggemparkan, Nomor 2 Punya Tugas Melindungi Perdana Menteri

3 Badan Intelijen Israel yang Menggemparkan, Nomor 2 Punya Tugas Melindungi Perdana Menteri

Global | sindonews | Jum'at, 15 Maret 2024 - 17:45
share

Terdapat tiga badan intelijen Israel yang paling besar dan terkenal. Salah satunya memiliki tugas melindungi Perdana Menteri.

Adapun tiga badan intelijen Israel ini masing-masing adalah Mossad, Shin Bet, dan Aman. Kendati sama-sama berstatus badan intelijen, ketiganya memiliki fungsi dan tugas yang berbeda.

Lantas, seperti apakah sebenarnya ketiga badan intelijen Israel ini? Dihimpun dari berbagai sumber, Jumat (15/3/2024), berikut ini ulasannya yang bisa disimak.

Badan Intelijen Israel

1. Mossad

Bicara soal badan intelijen Israel, Mossad bisa dibilang menjadi yang paling terkenal. Unit intelijen ini menangani kegiatan mata-mata Israel di seluruh dunia.

Mengutip laman FirstPost, Mossad pernah disebutkan sebagai badan intelijen terbesar kedua setelah CIA. Kemampuannya juga dikatakan setara dengan Research and Analysis Wing (RAW) milik India.

Mossad telah dibentuk sejak 1949. Keberadaannya menggantikan badan intelijen militer Yahudi di Palestina bernama Haganah.

Berbeda dengan Shin Bet atau Aman, Mossad punya tugas mengumpulkan data intelijen luar negeri, analisis intelijen hingga pelaksanaan operasi rahasia. Reputasinya pun telah dikenal luas dengan operasi rahasia yang canggih.

Sebagai contoh, mereka pernah melakukan operasi seperti penangkapan Adolf Eichmann, eks jenderal Nazi yang bertanggung jawab atas Holocaust pada 1960. Kemudian, ada juga Operasi Wrath of God untuk melacak pembunuhan atlet Israel pada Olimpiade Munich 1972.

Menurut laporan SpyScape, Mossad diperkirakan memiliki anggaran tahunan mencapai USD3 miliar. Selain itu, anggota pun berjumlah ribuan dan tersebar di penjuru dunia.

2. Shin Bet

Kemudian, ada Shin Bet yang menjadi dinas keamanan internal Israel. Badan ini juga memiliki sejumlah nama lain termasuk Shabak.

Berbeda dengan Mossad, Shin Bet lebih banyak berurusan terkait intelijen internal Israel dalam bertugas. Salah satu tugas utamanya adalah melindungi Perdana Menteri Israel.

Selain itu, Shin Bet juga bertanggung jawab atas keselamatan para pejabat tinggi negara, keamanan maskapai penerbangan nasional, hingga melindungi lokasi-lokasi sensitif. Namun, mereka pernah kecolongan dan berakhir disalahkan atas pembunuhan yang terjadi kepada eks Perdana Menteri Yitzhak Rabin tahun 1995.

Tak jauh berbeda dari Mossad, Shin Bet juga memiliki pendanaan yang baik. Aspek ini menjadi penunjang performa mereka dalam mengumpulkan data-data strategis yang berguna untuk melindungi negaranya.

3. Aman

Berikutnya ada Israeli Military Intelligence atau sering disingkat menjadi Aman. Unit ini adalah sebuah badan intelijen militer.

Melihat riwayatnya, Aman menjadi salah satu bagian tertua dari Israel Defense Forces (IDF). Badan ini dibentuk tak lama setelah pendirian negara Israel.

Para pakar menyebut Aman sebagai salah satu badan intelijen terbaik di dunia. Unitnya sendiri terbagi menjadi tiga bagian, yakni 8200, 9900, dan 504.

Pada tugasnya, Israeli Military Intelligence (Aman) memberikan informasi intelijen penting yang membantu pemerintah dalam menjaga keamanan negara.

Badan ini juga mengumpulkan laporan harian untuk nantinya digunakan sebagai pengarahan kepada perdana menteri dan kabinet, mengevaluasi kemungkinan perang, menyadap komunikasi, dan lain sebagainya.

Demikianlah ulasan mengenai tiga badan intelijen Israel yang bisa diketahui.

Baca juga: 5 Negara Asia yang Menjadi Sekutu Setia Israel

Topik Menarik