Apa Itu Kippah yang Bikin Delegasi AS dan Arab Saudi Tegang? Ini Penjelasannya

Apa Itu Kippah yang Bikin Delegasi AS dan Arab Saudi Tegang? Ini Penjelasannya

Global | sindonews | Jum'at, 15 Maret 2024 - 14:41
share

Gara-gara Kippah, delegasi Amerika Serikat (AS) dan Arab Saudi terlibat ketegangan. Momen ini terjadi ketika seorang rabi atau pendeta Yahudi terkenal AS diminta untuk melepas kippahnya oleh pejabat Saudi saat berkunjung ke kerajaan tersebut.

Insiden tersebut justru memunculkan masalah baru. Tak hanya tersinggung, delegasi AS tersebut bahkan mempersingkat kunjungannya dan segera pergi.

Apa Itu Kippah?

Secara umum, kippah merupakan penutup kepala khas Yahudi. Beberapa orang menyebutnya sebagai peci khas Yahudi.

Mengutip laman JewishLearning, kippah biasa dikenal juga sebagai yarmulke atau kopiah. Keberadaannya menjadi salah satu simbol bagi pemeluk Yahudi.

Baca Juga: Heboh, Pendeta Yahudi Tersohor AS Diminta Lepas Kippahnya saat Kunjungi Arab Saudi

Bagi komunitas tradisional Yahudi, kippah hanya dipakai oleh laki-laki. Penggunaannya pun hampir setiap saat, kecuali ketika sedang tidur dan mandi.

Sedangkan pada komunitas non-ortodoks, beberapa wanita juga memakai kippah. Penggunaannya beragam, bisa saat makan, berdoa, mempelajari kitab Yahudi hingga memasuki ruang suci seperti sinagoga.

Bahan baku kippah juga beragam. Pada komunitas ortodoks tradisional, pria mengenakan kippah beludru hitam atau sutra. Sementara untuk komunitas ortodoks modern, konservatif hingga reformasi memakai kippah kulit atau rajutan.

Kemudian, gaya atau model kippah di Israel juga menunjukkan afiliasi politik dan agama. Biasanya ortodoks klasik menggunakan yang besar, halus, berwarna hitam, dan berbentuk seperti mangkuk bulat.

Lalu, Hasidim memakai kain flanel atau satin hitam besar. Sedangkan kippah rajutan biasanya menandakan seseorang menjadi bagian dari kubu nasionalis Zionis. Terlepas dari banyaknya versi, para rabi yang mengajar di berbagai lembaga lebih sering mengenakan kippah hitam besar tradisional.

Lebih jauh, penggunaan kippah di Israel memiliki makna sosial. Sebagai contoh, ada pandangan bahwa mengenakan kippah menunjukkan seorang Yahudi cukup religius.

Demikianlah ulasan mengenai kippah, penutup kepala khas orang Yahudi yang membuat delegasi AS dan Arab Saudi tegang.

Topik Menarik