Permintaan Tepung Terigu Meningkat, Cerestar (TRGU) Tambah Kapasitas Produksi

Permintaan Tepung Terigu Meningkat, Cerestar (TRGU) Tambah Kapasitas Produksi

Global | IDX Channel | Selasa, 27 Februari 2024 - 11:51
share

IDXChannel - PT Cerestar Indonesia Tbk (TRGU) menargetkan penjualan tumbuh di sepanjang 2024. Target tersebut sejalan dengan tumbuhnya harapan akan adanya peningkatan permintaan tepung terigu.

Perseroan melihat, kegiatan ekonomi yang kembali menggeliat pasca pandemi Covid-19 telah mendorong terus meningkatnya permintaan tepung terigu dan bahan pakan ternak.

Lebih jauh, kembali semaraknya industri pariwisata pasca Covid-19 juga meningkatkan peluang terjadinya peningkatan permintaan tepung terigu dari sektor Horeka (hotel, restoran, dan kafe).

Pergeseran pola konsumsi makanan berbahan tepung terigu serta inovasi dari produk turunan tepung terigu yang semakin bervariatif, menjadi pendorong terus meningkatnya permintaan tepung terigu di Indonesia, kata Direktur Utama TRGU, Indra Irawan dalam keterangan resminya, Selasa (27/2/2024).

Peningkatan konsumsi makanan berbahan terigu sebagai bagian dari tren gaya hidup generasi muda, kata Indra, telah mendorong semakin banyak kemunculan pengusaha UKM yang menjual berbagai makanan berbasis terigu, seperti roti panggang, ramen, pasta, dan sebagainya.

Fenomena tersebut menguatkan optimisme TRGU bahwa penjualan tepung terigu akan meningkat tahun ini, seiring dengan terus bertumbuhnya permintaan, ujar Indra.

Untuk mengantisipasi peningkatan permintaan tepung terigu, perseroan sudah memastikan ketersediaan produk di kuartal I sampai dengan awal kuartal II-2024. Antisipasi tersebut didukung oleh keberadaan pabrik tepung terigu milik perseroan yang memiliki kapasitas 1.600 metrik ton per hari di Gresik, Jawa Timur.

Tak hanya itu, saat ini perseroan sedang membangun penambahan mesin-mesin baru untuk meningkatkan kapasitas produksi sebesar 600 metrik ton per hari di pabrik tepung terigu Gresik.

Targetnya, penambahan ini akan beroperasi pada awal kuartal II-2024, sehingga total kapasitas pabrik tepung terigu di Gresik akan mencapai 2.200 metrik ton per hari setelah beroperasi penuh, imbuh Indra.

Selain itu, TRGU juga memiliki pabrik processing dan packaging facility untuk bahan pakan ternak dengan kapasitas 38.000 metrik ton yang berlokasi di Cilegon Banten, serta Silo atau tempat penyimpanan gandum berkapasitas 140.000 metrik ton.

(FAY)

Topik Menarik