Bankir Yahudi Jacob Rothschild Meninggal, Terkenal sebagai Pendukung Kuat Israel

Bankir Yahudi Jacob Rothschild Meninggal, Terkenal sebagai Pendukung Kuat Israel

Global | sindonews | Selasa, 27 Februari 2024 - 07:35
share

Jacob Rothschild, seorang bankir Yahudi Inggris, meninggal dunia pada usia 87 tahun. Keluarga Rothschild terkenal sebagai pendukung kuat Israel.

Pihak keluarga mengumumkan kematian Jacob Rothschild pada hari Senin.

"Ayah kami, Jacob, adalah sosok yang sangat berpengaruh dalam kehidupan banyak orang, seorang pemodal yang berprestasi, seorang pejuang seni dan budaya, seorang pegawai yang setia, seorang pendukung amal yang penuh semangat di Israel dan budaya Yahudi, seorang teman, ayah, dan kakek yang sangat peduli lingkungan dan sangat disayangi," kata pihak keluarga dalam sebuah pernyataan, seperti dikutip dari Anadolu, Selasa (27/2/2024).

Baca Juga: Tentara AS Teriak 'Bebaskan Palestina' lalu Bakar Diri di Luar Kedubes Israel

Berasal dari Frankfurt, Jerman, cabang keluarga Rothschild di Inggris didirikan pada akhir abad ke-18.

Banyak anggota keluarga Rothschild yang dikenal karena dukungan kuat mereka terhadap Zionisme dan pembentukan Negara Israel.

Edmond James de Rothschild adalah pelindung pemukiman permanen Yahudi pertama di Palestina di Rishon-LeZion pada tahun 1882. Dia juga menyediakan dana untuk pendirian Petah Tikva sebagai pemukiman permanen pada tahun 1883.

Pada tahun 1917, Walter Rothschild, Baron Rothschild ke-2 adalah teman bicara Deklarasi Balfour untuk Federasi Zionis, yang mengikat Kerajaan Inggris untuk mendirikan rumah nasional bagi orang-orang Yahudi di Palestina.

Sekitar 10 tempat di Israel saat ini diberi nama sesuai nama anggota Rothschild yang menyediakan dana untuk pendirian tempat-tempat tersebut.

Topik Menarik