Wall Street Dibuka Positif, Investor Nantikan Indeks Konsumsi Pribadi

Wall Street Dibuka Positif, Investor Nantikan Indeks Konsumsi Pribadi

Global | IDX Channel | Senin, 26 Februari 2024 - 21:56
share

IDXChannel - Indeks utama Amerika Serikat (AS), Wall Street, dibuka menguat pada Senin (26/2/2024). Pelaku pasar modal menantikan data indeks pengeluaran konsumsi pribadi (PCE Index) yang dirilis pada Kamis depan.

DowJonesIndustrial Average (.DJI) menguat 0,04% menjadi 39.146,37. S&P 500 (.SPX) dibuka tumbuh 0,09%,di 5.093,33, sementara Nasdaq Composite (.IXIC) naik 0,15% menjadi 16.021,00 pada bel pembukaan.

PCE Index merupakan indikator yang menjadi ukuran inflasi bagi bank sentral atau Federal Reserve. Pengamat menilai akan ada sedikit peningkatan menyusul data inflasi konsumen (CPI) dan produsen (PPI) beberapa waktu lalu.

Indeks inflasi PCE diperkirakan akan menunjukkan kenaikan sedikit, sejalan dengan angka-angka yang kita lihat pada CPI dan PPI, sehingga pasar bersiap untuk hal tersebut, kata Ekonom Spartan Sekuritas Modal, Peter Cardillo, dilansir Reuters , Senin (26/2).

Secara historis, S&P 500 dan Dow Jones telah mencatat rekor tertinggi sepanjang masa pada minggu lalu, sementara Nasdaq masih berada di dekat level all-time high (ATH)-nya.

Angka inflasi yang memanas beberapa waktu lalu melahirkan ekspektasi pasar terhadap penundaan penurunan suku bunga, yang semula dimungkinkan terjadi pada bulan Mei, menjadi Juni mendatang.

Dari sisi pasar surat utang, yield atau imbal hasil Treasury yang lebih tinggi masih menjadi pemberat bursa saham,. "Dalam waktu dekat, ada kemungkinan besar bahwa kita akan melihat imbal hasil (Treasury) bergerak sedikit lebih tinggi, pungkasnya.

(FRI)

Topik Menarik