Jadi Pemegang Saham Mayoritas, MIND ID Dapat Kursi Dirut dan Direktur SDM INCO

Jadi Pemegang Saham Mayoritas, MIND ID Dapat Kursi Dirut dan Direktur SDM INCO

Global | IDX Channel | Senin, 26 Februari 2024 - 19:51
share

IDXChannel - Holding BUMN Pertambangan MIND ID resmi menjadi pemegang mayoritas saham PT Vale Indonesia Tbk (INCO) usai penandatanganan dokumen transaksi pengambilalihan divestasi Vale Indonesia pada Senin (26/2/2024).

Direktur Utama MIND ID, Hendi Prio Santoso, mengatakan pihaknya menjadi pemegang saham mayoritas karena memegang 34 persen saham INCO. Dengan begitu, perusahaan pelat merah itu mendapatkan kursi Direktur Utama (CEO) dan Direktur Sumber Daya Manusia atau SDM (HR Director).

"CEO dari kami MIND ID, HR Director juga dari MIND ID nantinya, terus nanti ada direksi yang dipilih bersama melalui komite GNRC," kata Hendi.

Wakil Menteri BUMN, Kartika Wirjoatmodjo, juga menyampaikan MIND ID akan memiliki hak untuk menunjuk tiga Komisaris, termasuk komisaris Utama. Selain itu, MIND ID juga berhak memilik Direktur Utama dan Direktur SDM Vale Indonesia.

"Kami telah bersepakat bahwa VCL akan menunjuk Direktur operasional dan juga Direktur yang bertanggung jawab atas pengelolaan ESG. Ini menegaskan bahwa kami tetap ingin agar standard ESG yang selama ini menjadi komitmen VCL tetap dipertahankan, termasuk juga praktik pertambangan terbaik yang selama ini sudah ditunjukkan oleh PT VI," tutur Tiko.

Dirut Tak Diganti

Meski begitu, Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan sebagai bagian dari keberlanjutan atas operasional perusahaan maka Kementerian BUMN dan MIND ID tetap akan menunjuk Febriany Eddy sebagai Direktur Utama PT VI setelah kesepakatan divestasi diselesaikan.

"Tentu kami melihat keberlanjutan sebagai hal yang penting, kami yakin bahwa komitmen kami dan VCL dalam mengelola PT VI ini sama, dan kami dan VCL, sebagai pemegang saham terbesar pertama dan kedua, telah bersepakat untuk melanjutkan komitmen hilirisasi sebagai bentuk dukungan Perusahaan terhadap Program Strategis Pemerintah. Sdri Febriany Eddy tetap akan menjadi Direktur Utama mewakili MIND ID," tutur Erick.

Adapun, Hendi mengatakan perseroan akan menggelontorkan investasi sebesar USD300 juta atau setara Rp4,6 triliun dengan harga Rp3.050 per lembar saham.

"Nilainya Rp3.050 per lembar, kira-kira (investasi) USD300-an juta, tetapi ada yang langsung primary ada yang secondary," pungkasnya.

(FRI)

Topik Menarik