Apa itu Perusahaan Pialang? Ini Pengertian dan Cara Kerjanya 

Apa itu Perusahaan Pialang? Ini Pengertian dan Cara Kerjanya 

Global | IDX Channel | Senin, 26 Februari 2024 - 09:41
share

IDXChannel Apa itu perusahaan pialang? Banyak orang masih belum paham mengenai jenis perusahaan yang satu ini.

Pialang atau kerap dikenal dengan broker merupakan salah satu istilah yang berkaitan dengan dunia investasi. Berdasarkan definisinya secara umum, pialang merupakan pihak yang menjembatani antara investor dengan pasar modal.

Pialang memiliki kewajiban untuk membantu investor yang hendak berinvestasi di pasar modal agar dapat menginvestasikan dananya asetnya dengan baik. Pialang memiliki peran untuk membantu investor dalam mendapatkan instrumen investasi yang tepat.

Lantas, apa itu perusahaan pialang? Bagaimana cara kerjanya hingga bisa menghasilkan keuntungan? IDXChannel mengulas informasinya sebagai berikut.

Apa itu Perusahaan Pialang?

Pialang merupakan pedagang profesional yang membeli dan menjual saham atas nama investor yang menjadi klien-nya. Pialang juga menjadi perwakilan terdaftar atau penasihat dari investor dalam memilih instrumen investasi yang tepat. Dengan demikian, pialang adalah pihak yang mempertemukan investor dan emiten dalam rangka perdagangan jual beli instrumen investasi di pasar modal.

Sementara itu, perusahaan pialang adalah perusahaan yang menawarkan jasa pialang saham. Setiap orang yang terlibat di bawah naungan perusahaan ini merupakan profesional yang wajib lulus ujian Wakil Perantara Pedagang Efek (WPPE) dan dibuktikan dengan sertifikasi CFA (Certified Financial Analyst).

Perusahaan pialang ini memiliki tugas utama sebagai perantara antara perusahaan yang akan melakukan penjualan saham dengan para investor yang nantinya akan melakukan pembelian saham.

Tak hanya itu, perusahaan pialang juga memiliki kewajiban untuk memberikan edukasi kepada para investor atau yang masih pemula dan memberikan rekomendasi jenis investasi yang tepat sesuai target dan kondisi finansialnya.

Berdasarkan klien-nya, perusahaan pialang ini dibagi menjadi dua yakni retail broker dan institusional broker. Retail broker atau pialang retail adalah pialang yang kliennya merupakan perseorangan atau individu. Sementara itu, institusional broker adalah pialang yang melakukan jual-beli saham untuk kepentingan institusi besar, seperti bank atau reksa dana.

Cara Kerja Perusahaan Pialang

Dalam menjembatani investor dengan emiten di pasar modal, cara kerja perusahaan pialang hingga memperoleh keuntungan adalah sebagai berikut.

Itulah ulasan mengenai apa itu perusahaan pialang dan cara kerjanya yang bisa Anda jadikan referensi dalam berinvestasi.

Topik Menarik